orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Cara Menukar Koin Kripto Dari Airdrop Menjadi Rupiah

Cara Menukar Koin Kripto Dari Airdrop Menjadi Rupiah
Source : inbizia.com
Sudah dapat berapa koin kripto nih di wallet kalian?

Bagi yang baru main airdrop koin kripto, lalu bingung bagaimana cara menukarkan koin ini menjadi rupiah. Tenang! Di sini aku ingin cerita bagaimana caraku menjadikan beberapa koin yang aku dapat dari berbagai airdrop menjadi rupiah.

Namun sebelumnya, kalian harus pahami dulu bahwa tidak semua koin maupun token kripto yang kita dapat dari airdrop bisa diperjualbelikan.

Adakalanya kita mendapat koin sampah yang tidak bisa ditukarkan apa-apa. Namun ada juga yang mengharuskan kita menunggu beberapa waktu hingga koin tersebut masuk dalam listing exchanger. Nah kalau sudah masuk exchanger inilah kita bisa menukarnya menjadi rupiah.

Caranya dengan transfer koin kita yang ada di wallet ke alamat exchanger, lalu menukarnya menjadi rupiah.

Dari sini, yang kalian butuhkan adalah mendaftar terlebih dahulu ke exchanger yang menyediakan penarikan ke rupiah. Berikut ini rekomendasi tempat menukar koin kripto ke rupiah yang terpercaya.

Rekomendasi Exchanger Koin Kripto ke Rupiah Terpercaya

cara daftar indodax
Source : indodax.com

#1. Indodax

Sebelum bernama Indodax, nama awal exchanger ini bernama Bitcoin.co.id. Didirikan pada tahun 2014 dan sangat populer bagi investor crypto asal Indonesia.

Aku sangat merekomendasikan Indodax ini menjadi salah satu exchanger kripto ke rupiah terbaik versiku. Selain kita bisa mengakses indodax ini melalui aplikasi smartphone, proses pencairan dana di Indodax ini terhitung sangat cepat.

Kita bisa melakukan penarikan di jam berapapun dan mendapatkan rupiah kita landing ke rekening hanya dalam hitungan menit saja (tidak kurang dari satu jam).

#2. TokoCrypto

Sama halnya Indodax, Tokocrypto juga menawarkan jasa penarikan kripto ke rekening bank di Indonesia. Proses pencairan dananya juga lumayan cepat, dan ada versi aplikasi androidnya juga.

Hanya saja di Tokocrypto, proses verifikasi KYC (Know Your Customer) sangat selektif dan susah banget. Aku saja hampir tidak berhasil verifikasi, untung saja customer servicenya menggunakan bahsa indonesia, jadi bisa konsultasi perihal KYC dengan benar.

#3. Pintu

Jika di Indodax dan Tokocrypto tampilannya berupa tradingview, yang mungkin bagi pemula sedikit ribet. Maka aplikasi Pintu merupakan solusi bagi kalian dalam menukarkan koin kripto ke rupiah dengan sangat mudah dan sederhana.

Kalian bisa menukarkan koin kripto ke rupiah secara instan dengan merujuk harga pasar saat itu juga. Kelebihannya lagi, Pintu memberikan batasan withdraw ke rekening bank dengn nominal yang cukup rendah.

Jika di Indodax minimal withdrawal ke rekening bank adalah 100.000, di Pintu kita bisa melakukan withdrawal dengan nominal 50.000.

Sebenarnya masih banyak lagi exchanger yang menyediakan penarikan ke rupiah, namun aku hanya pernah melakukannya di ketiga platform tersebut.

Namun yang harus kalian ketahui adalah tidak semua koin baru yang kita dapat dari airdrop nantinya akan listing di exchanger yang aku sebutkan di atas. Ada kalanya koin tersebut hanya listing di exchanger luar negeri maupun di DEX (Decentralized Exchange).

Perbedaan CEX dan DEX

Perbedaan CEX dan DEX
Source : decrypt.co
CEX (Centralized Exchange) merupakan pusat trading kripto dan exchange yang dikelola suatu organisasi pihak ketiga untuk menyimpan aset, mengatur pertukaran dan mengenakan biaya pertukaran. Indodax dan Tokocrypto merupakan salah satu contoh dari CEX.

Sedangkan Decentralized Exchange (DEX) adalah pertukaran kripto secara langsung dan tidak bergantung pada pihak ketiga. Pertukaran ini terbentuk secara langsung atau peer to peer dan mengandalkan smart contract untuk menfasilitasi pertukaran crypto.

Aku membahas soal CEX dan DEX ini juga berhubungan dengan bagaimana cara menukar koin baru yang kita dapat dari airdrop ke rupiah. Karena pada dasarnya, sangat jarang sekali koin baru langsung masuk list market besar seperti Indadax dan Tokocrypto dalam waktu sebulan setelah perilisan.

Maka dari itu, pertukaran DEX adalah solusi cepat untuk menukarkan koin baru ke koin yang sudah list di market besar. Selanjutnya koin yang sudah ditukar tersebut bisa kita pindahkan ke market CEX untuk diubah menjadi rupiah.

Sebagai gambaran, misalnya aku mendapat koin baru dari airdrop dengan smart kontrak di jaringan Binance. Maka yang paling mudah adalah menukarkan koin tersebut menjadi Binance token (BSC) terlebih dahulu. Kalian bisa menukarnya di Pancakeswap.

Selanjutnya kita bisa pindahkan saldo Binance token (BSC) yang ada di wallet, ke alamat Binance token yang ada di Indodax maupun Tokocrypto. Lantas kita bisa merubahnya menjadi rupiah kapanpun kalian mau.

Saran saja, usahakan penukaran ke rupiah disaat harga Binance token melejit yah, Biar makin cuan.

Hal Penting Sebelum Penukaran Kripto di DEX

Sebelum kalian melakukan pertukaran koin di platform DEX, sebaiknya baca lebih teliti lagi soal biaya jaringan yang akan dikenakan kepada kalian disetiap transaksi.

Usahakan nilai dari pertukaran koin kalian melebihi $2. Karena besaran fee untuk pertukaran koin bisa sampai $1 bahkan bisa lebih.

Jangan sampai koin yang kalian tukar menghilang dimakan oleh fee saat pertukaran. Sudah tidak cuan, malah saldo Binance kalian berkurang.

Nah begitulah cara menukarkan koin kripto yang kita dapat dari Airdrop dan giveaway menjadi rupiah.

Ribet yak. Memang kalau masih baru terasa sangat ribet, namun kalau sudah memahaminya lebih dalam, pertukaran kripto seperti ini akan jadi hal yang biasa bagi kalian nantinya.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar