orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB
Masih lekat di ingatan bahwa sewaktu SMA dulu (tahun 2006) mempunyai flashdisk dengan kapasitas 128 Mb itu wow banget. Masa itu harga flashdisk masih kisaran 300 ribuan untuk kapasitas segitu. Kebanyakan siswa masih menggunakan Disket untuk menyimpan data, tidak terkecuali aku.

Kalau sekarang, kapasitas penyimpanan flashdisk sudah hampir menyamai kapasitas hard disk drive di komputer. Kecepatan copy datanya juga sangat jauh berbeda dengan kecepatan flashdisk yang pernah aku beli untuk pertama kalinya dulu.

Meskipun dengan teknologi seperti itu, namun banyak orang yang sudah ogah menggunakan flashdisk untuk media penyimpanan data. Ada yang lebih praktis. Yakni menggunakan smartphone.

Kita tahu sendiri bahwa ROM atau lebih dikenal sebagai media penyimpanan internal pada smartphone di zaman sekarang, kapasitasnya sangat mampu untuk menyimpan seluruh episode one piece yang jumlahnya hampir 1000-an.

Smartphoneku saja ada free space 35 Gb. Kebayang tuh bisa masukin file Mp3 yang kalau diputar bisa 7 hari tanpa berhenti hahaha.

Jadi kegunaan Smartphone sekarang itu memang benar-benar smart banget. Tidak hanya untuk telpon-telponan saja, buat ngeremote TV juga bisa kok. Apalagi kalau hanya sekedar menyimpan file besar sebagai pengganti kegunaan flashdisk. Itu bisa banget.

Ngomong-ngomong soal menyimpan file di smartphone, aku sering sekali menggunakan smartphoneku ini sebagai media penyimpanan sementara. Terutama saat aku lupa membawa flashdisk.

Biasanya aku memakai kabel data atau USB untuk media transfer datanya. Namun bagaimana jadinya kalau kita juga lupa bawa kabel USB?

Bisakah kita memindahkan data dari HP ke komputer tanpa kabel USB, atau sebaliknya?

Bisa banget

Ada beberapa cara yang biasa aku gunakan dalam memindahkan data dari smartphone ke komputer tanpa kabel USB. Cara tersebut antara lain:

#1. Melalui Whatsapp maupun Telegram

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB
Cara yang satu ini paling sering aku pakai saat memindahkan hasil screenshot smartphone ke komputer. Seperti saat hendak membuat artikel tentang tutorial ojek online.

Aku buat screenshot dari smartphone terlebih dahulu, lalu aku pindahkan ke komputer melalui whatsapp web atau telegram web untuk diedit menjadi infografik yang lebih menarik.

Caranya kita tinggal kirim screenshot image ke salah satu kontak kenalan kita di WhatsApp maupun telegram. Selanjutnya kita buka Whatsapp web di komputer dan download image screenshot tersebut.

Kekurangannya adalah kita seperti kirim spam ke salah satu kontak teman WhatsApp atau telegram. Yah setidaknya kita harus cari kontak teman yang mau dijadikan tempat share data sementara seperti itu, lalu meminta maaf dan menghapus image tersebut hahaha.

#2. Menggunakan Google Drive (Cloud)

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB
Pernah aku ngebahas perihal google drive di blog ini. Google drive itu semacam teknologi yang bisa menghubungkan data pribadiku di komputer kantor, dan bisa aku akses dari rumah. Namun kekurangannya memang butuh konektifitas internet yang besar untuk bisa singkron terus.

Namun kalau hanya sekedar transfer data dari smartphone ke komputer, teknologi google drive bisa diandalkan banget.

Caranya dengan buka layanan google drive di smartphone. Lalu upload file yang diinginkan ke dalam akun google drive.

Selanjutnya dikomputer juga sama yakni dengan login di akun google drive yang sama, lalu download file yang sudah kita upload sebelumnya. Selesai dah.

#3. Menggunakan Aplikasi Transfer Data

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB
Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi transfer data berbasis nirkabel di smartphone. Misalnya menggunakan aplikasi Airdroid, Teamviewer, Shareit maupun AnyDesk.

Namun menggunakan cara ini berarti kita juga harus install aplikasinya di komputer. Kemudian kita bisa menghubungkan aplikasi smartphone dan di komputer dengan cara remote secara online. Menggunakan cara ini setidaknya kedua perangkat baik smartphone dan komputer sama-sama terdapat jaringan internet.

Berbeda untuk Shareit yang menggunakan konektifitas nirkabel antara komputer dan smartphone. Tanpa internetpun transfer data melalui Shareit bisa dilakukan. Namun jika komputer tidak memiliki WI-Fi, maka cara seperti ini tidak bisa dilakukan.

#4. Menggunakan FTP di Aplikasi Share me

4 Cara Mudah Transfer Data Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel USB
Cara terakhir adalah menggunakan metode FTP. FTP atau File Transfer Protocol merupakan suatu protokol internet yang berfungsi untuk transfer file dalam suatu network yang sama dengan koneksi IP/TCP.

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, mungkin kalian tidak asing dengan aplikasi share me atau Mi Drop. Sebelas dua belas dengan aplikasi Shareit, namun Share me memungkinkan kita bisa memindahkan data dari smartphone ke komputer menggunakan metode FTP.

Kita tinggal ketikkan alamat ip yang ada di aplikasi share me pada halaman windows explorer. Nantinya ada konfirmasi lanjutan untuk bisa menghubungkan antara smartphone dengan komputer. Entah itu berupa perintah konfirmasi ataupun berupa masukan username dan password.

Mungkin kalau ada waktu, aku akan buatkan artikel cara transfer data menggunakan metode ftp aplikasi Share me.

Nah begitulah kira-kira cara yang biasa aku lakukan dalam transfer data dari smartphone ke komputer tanpa kabel USB. Semoga bermanfaat

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar