orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Enaknya Punya Blog Dengan Custom Domain

Enaknya Punya Blog Dengan Custom Domain
Sejak awal aku membuat blog ini, sempat aku galau perihal wordpress.com (gratisan) atau wordpress.org (self hosted). Ada banyak pertimbangan sewaktu itu, antara serius ngeblog atau ngeblog asal-asalan seperti dulu (tahun 2010 aku pernah punya blog).

Eh jangan salah sangka, yang aku maksud serius di sini adalah bukan perihal blog yang profesional yang bisa mendatangkan duit, tapi lebih ke konsisten untuk tetap menulis di blog. Karena sangat disayangkan jika blog yang berbayar harus di terlantarkan tanpa tulisan, bukan?

Aku ragu tentang banyak hal, bukan tentang masalah biaya pertahunnya sih. Memang untuk ukuran biaya segitu tidaklah terlalu mahal. Aku bisa mengumpulkan uang segitu bukan dari hasil mengambil jatah bulanan istri, maupun jatah camilan harianku. Aku bisa kok mengumpulkan uang dari internet dan bisa membiayai uang sewa domain pertahunnya.

Tapi yang jadi permasalahannya adalah apakah aku masih bisa konsisten mengisi konten di blog ini selama beberapa tahun ke depan. Mengingat kembali yang telah lalu, aku harus menutup blog wordpress dan bloggerku yang lama karena aku sudah malas mengurusnya.

Akhirnya aku memutuskan untuk membuat blog gratisan untuk kedua kalinya, yah blog Penadiri ini pernah menjadi blog gratisan di wordpress. Kemudian aku memutuskan untuk upgrade ke self hosted, namun menyerah dengan biaya pertahunnya yang makin naik di tahun ke tiga.

Pada akhirnya aku memindahkan blog wordpress ke blogger hingga menjadi blog ini seperti sekarang. Meskipun masih ada biaya sewa domain pertahunnya, setidaknya biaya untuk sewa domain ini, tidak akan membebaniku tiap tahunnya.

Ada enaknya loh punya blog yang sudah custom Domain atau Top level domain (TLD)? Berikut aku jelaskan dikit tentang enaknya punya blog TLd atau Custom Domain menurut ku.

#1. Alamat Blog Jadi Ringkas Dan Menarik

Enaknya Punya Blog Dengan Custom Domain
Pasti semua pada paham bahwa dengan Custom domain, otomatis blog yang tadinya ada embel-embel (dot)wordpress(dot)com, kini bisa jadi sesuai keinginan kita. Kita bisa menentukan akhirannya seperti (dot)id, (dot)net, (dot)me, dot yang lainnya juga.

Yang terpenting tidak ada tambahan wordpress atau blogspot lagi. Seperti nama blog kita pada awalnya namaku.wordpress.com atau namaku.blogspot.com, ketika sudah custom domain, alamat blog kita akan berubah menjadi namaku.com, namaku.id, tanpa ada embel-embel wordpress atau blogspot.

Jadi, blog kita akan terlihat lebih ringkas, sederhana dan menarik. Coba bayangkan jika blogku pada awalnya beralamatkan penadiri.worpress.com kemudian aku costom domain menjadi penadiri.com. Nah terlihat keren dan kece bukan?

#2. Terlihat Lebih Profesional dan Serius

Kebanyakan blog profesional yang digarap secara serius pasti akan mengunakan custom domain pada blognya. Seperti blognya pendiri blogger perempuan network Shintaries Nijerinda di Shintaries.com, atau blognya mas sugeng di suged.id.

Mereka berdua adalah salah satu contoh blogger profesional yang menggarap blognya dengan serius. Terlihat dari rapinya tata letak blog dan design yang menarik karena themenya sepertinya juga berbayar.

Kebanyakan dari pemilik blog profesional, akan menjadwalkan postingan secara teratur dan konsisten. Konsisten di sini tidak melulu tiap hari update juga, tapi update post selalu diberlakukan berkala dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Dan yang paling penting, konten yang mereka post lebih original, menarik dan berkualitas.

Nah, aku juga ingin blogku lebih profesioanal juga. Aku sudah berusaha tetap konsisten tiga setegah tahun ngeblog di sini. Aku juga belajar menulis yang baik dan kreatif (kreatif di sini maksudnya original, hahaha) walaupun masih memakai bahasa kaku (tapi aku suka, lebih mencerminkan diri yang asli).

Setelah tahap konsisten dan bisa menulis yang baik, mungkin suatu saat aku akan membuat blogku ini jadi lebih profesional dengan custom domain. (padahal blognya sudah custom domain hehehe)

#3. Bisa di Monetize dan Jadi Sebuah Penghasilan Dari Blog

Enaknya Punya Blog Dengan Custom Domain
Banyak blogger diluar sana mengupgrade blognya dengan tujuan yang satu ini, Monetize. Memang sangat mengiurkan sekali jika hobby menulis di blog bisa menjadi penghasilan tambahan bagi kita.

Untuk ukuran blog gratisan, susah sekali untuk bisa di monetize menjadi sebuah publiser iklan. Apalagi di wordpress gratisan yang sama sekali tidak bisa dipasang sebuah java script, yang mengakibatkan tidak bisa dipasang widget affilasi.

Kalau di blogspot masih bisa, karena blogspot sangat mudah untuk di pasang widget mengunakan kode java script. Cuma untuk publisher iklan Adsense google, rasanya cukup sulit kalau mengunakan blogspot. Tapi bukan berarti tidak bisa loh.

Aku juga ingin hobi menulis di blog ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang juga. Bukan berarti aku terobsesi untuk itu juga, soalnya sejak awal aku membuat blog di wordpress ini untuk sekedar share dan menampung segala unek-unek dalam pikiran.

Kan tidak ada salahnya jika hobi itu bisa menghasilkan, karena uang dari hasil hobi itu sangat membahagiakan.

Seperti saat aku pernah dapat uang dari salah satu tetangga yang memintaku untuk membetulkan komputer desktopnya yang rusak. Biar begini-begini, aku ini lulusan (mantan) teknisi komputer. Jadi setidaknya aku sedikit paham bagaimana caranya bongkar pasang komputer dan mengatasi trouble pada komputer.

Oh iya ada lagi, disaat SMA, aku pernah di ajak main bola oleh orang desa sebelah. Biarpun bayarannya kecil, tapi uang yang cukup untuk beli bakso 5 mangkok itu merupakan hasil keringat dan kesukaanku pada hobi yang aku geluti.

Bukan masalah uangnya tapi karena bau duit memang mengiurkan, wkwkwkw 😁

#4. Sering Dapat Tawaran Endorsement Suatu Produk

Semenjak daftar ke salah satu komunitas blogger, aku sering dapat email dari komunitas tersebut yang isinya penawaran Endorsement produk atau placement backlink produk. Akan tetapi persyaratanya harus mengunakan blog TLD atau custom domain dan ada batasan minimal DA (Domain Authority).

Tentu saja di syarat pertama blogku (sebelum costom domain) sudah tidak memenuhi persyaratan untuk ikut, apalagi tentang DA.

Kenapa harus blog TLD sih? Padahal blogku juga lumayan populer loh kata mesin pencari google, hahahaha 😂

Ternyata, blog dengan Top level domain itu lebih dipercaya di mata google. Jadi advertiser juga mikir-mikir untuk endorse produknya ke blog gratisan. Begitu juga tentang Domain Authority.

Blog yang memiliki DA yang tingi, kemungkinan blog tersebut sangat dipercaya oleh mesin pencari. Karena faktor DA blog tinggi dipengaruhi oleh usia domain, banyaknya konten dan juga tingkat popularitasnya.

Jadi, kalau menurutku pribadi, biar blog kita ada yang endorse, syarat yang mungkin bisa kita lakukan pertama adalah mengubah blog gratisan menjadi Top level domain terlebih dahulu.

#5. Kebanyakan Campaign Advertiser Menginginkan Blog Custom Domain

Enaknya Punya Blog Dengan Custom Domain
Pernah daftar kesebuah web yang menjembatani antara influencer dan Advertiser? Kalau belum, kalian bisa daftar ke rajabacklink ataupun sosiago.

Kebanyakan dari campaign yang disediakan untuk influencer, persyaratannya kebanyakan harus mengunakan blog dengan Top Level Domain untuk bisa join campaign.

Jadi blog gratisan seperti blog ini (sebelum custom domain) sudah tereliminasi sejak awal bahkan sebelum negara api menyerang sekalipun. Blog yang sudah TLD saja belum tentu mendapatkan campaign itu, apalagi yang gratisan. Huft...

Dari hal tersebut, aku jadi pengen deh blog Penadiri ini bisa terlihat profesional dengan custom domain. Selain aku ingin blog ini dikenal dengan sangat baik oleh mesin pencari, aku juga ingin sekali-kali mendapat penawaran endorsement. Hahaha

Jadi, pertanyaannya, Kira-kira ada nggak yang mau aku endorse produknya di blog ini? Hahahaha #Ngarep.com

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar