orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Karena Akan Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali

Karena Akan Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali
Source : pixabay.com
Kecewa, galau dan sedih adalah perasaan yang wajar dirasakan oleh setiap manusia ketika harus mengalami sebuah penolakan. Entah penolakan apapun bentuknya dan bagaimanapun kondisinya, tapi percayalah disetiap penolakan selalu ada hikmah dari kejadian tersebut.

Bagiku, penolakan merupakan proses untuk bisa mendewasakan diri. Bahkan rasanya perlu juga kita sekali-sekali itu ditolak biar tetap mawas diri dan tidak terlalu sombong dengan kemampuan diri sendiri.

Aku jadi ingat penolakan-penolakan yang sering aku alami semenjak aku masih remaja hingga kini yang telah mendewasa (jangan dibaca menua apalagi melansia).

Dulu sewaktu baru lulus sekolah menengah atas (Es Em Ah), aku berkali-kali merasakan ditolak oleh beberapa perusahaan. Entah kenapa surat cinta buat starla lamaran yang aku kirimkan baik via email, via pos, via satpam, bahkan via teman yang sudah bekerja pun akhirnya semua menolak secara sepihak.

Jujur saja itu tidak adil sekali. Bahkan aku tidak diberitahu kesalahanku apa hingga mengalami penolakan. Apa pas foto 4x6 ku yang terlampau tamvan atau karena banyak ejaanku yang kurang mengena, sedikit typo sana-sini. Dan tak sedikitpun mereka (perusahaan) memberitaukan kepadaku letak permasalahannya.

Mereka hanya mengacuhkanku tanpa harus memberi kabar burung seputar surat cinta yang aku tuliskan kepada mereka. Hanya aku sendiri yang berharap ada balasan yang tak kunjung datang.

Syedih rasanya harus menganggur diam di rumah, sementara aku tak mempunyai banyak uang untuk sekedar beli jajan dan hip hip hura hahahaha.

Hikmahnya, akhirnya aku memutuskan untuk pergi merantau ke kota seberang untuk mengembalikan martabat diriku sebagai laki-laki yang sudah mengecam asin manis dan pahitnya bangku sekolahan. Dan Alhamdulillah, aku bisa merasakan susahnya mencari uang dan bertahan hidup sendirian.

Sejujurnya aku sangat senang akan hal itu. Walau pernah tiap hari puasa karena isi dompet tak lagi kuasa mencukupi makan 3 kali sehari, tapi itulah indahnya. Kadang kesengsaraan itu obat untuk bisa menjadi lebih dewasa. Yeah

Karena Akan Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali
Source : unsplash.com
Aku juga masih ingat rasanya ditolak oleh seorang gadis. Sungguh itu lebih menyakitkan dibanding luka terjatuh dari sepeda. Luka dari sepeda sangat nampak nyerinya. Setidaknya luka tersebut masih bisa diberi obat dan dijaga agar cepat sembuh.

Sedangkan luka di hati? Luka yang timbul saat kita sudah menaruh sebagian hati kita kepada orang lain, lantas tiba-tiba hati kita dibuang begitu saja. Ah itu terasa nyeri di sekitaran dada yang menyambung ke pikiran kita. Bahkan nasi dan ayam goreng pun terasa tidak begitu mengoda saat luka hati itu ada.

Aku pikir dengan mengatakan secara tulus perasaan kita kepada seseorang, maka secara otomatis perihal baik akan bersambut dengan hal baik pula. Ternyata tidak sesederhana seperti itu. Cinta itu antara dua hati yang saling menyatu, begitu kalau kata salah satu lagu.

Aku pernah egois tentang perasaanku, memaksakan kehendak agar si gadis ini juga menyambut uluran tanganku juga. Bahkan aku memaksakannya berkali-kali dan ditolaknya pun juga berkali-kali.

Pada awalnya, penolakan pertama begitu menyakiti. Tapi kalau sudah ditolak berkali-kali justru rasa percaya diri ku semakin menjadi-jadi.

Entah kenapa, rasanya saat itu aku menjadi pria ter-egois sedunia. Pria yang tidak bisa move-on dan pindah ke lain hati. Yah aku pecinta yang gila, kegilaanku itu sudah melampaui tahap wajar. Karena untuk kembali waras, yang aku butuh hanya dia.

Banyak orang yang bilang bahwa obat orang galau yang nggak bisa move-on adalah dengan membaca Alqur’an dan melakukan perbaikan diri. Bagiku itu tidak sepenuhnya benar, karena obat itu hanya masalah waktu dan kesadaran diri bahwa ikhlas itu tentang hati yang mau merelakan dia pergi.

Yah ditolak berkali-kali membuatku tersadar bahwa memang cinta tidak selalu bisa dipaksakan. Dan merelakan adalah hal terindah disaat kita bisa tersenyum walau dilain sisi kita juga gundah. Hanya waktulah yang bisa mengobati semuanya.

Aku bersyukur bahwa pasti akan banyak pelajaran saat kita ditolak. Ditolak akan membuat lelaki menjadi semakin dewasa dan kuat. Karena dibalik penolakan, ada pintu lain yang akan dibukakan.

Namun pada akhirnya, pintu yang tadinya berkali-kali menolakku untuk memasukinya, justru memintaku untuk segera memasukinya dan menguncinya dari dalam untuk selamanya, yeah

Karena Akan Ada Hikmah Disaat Ditolak Berkali-kali
Source : unsplash.com
Beberapa minggu lalu aku masih ingat sudah ke-empat kalinya aku mendapat balasan email dari google adsense. Dan balasan itu tentang penolakan pengajuan monetize blogku ke Adsense.

Yah jelas penolakan itu wajar sekali, bahkan aku adalah orang ternekat yang mendaftarkan blognya yang hanya dikunjungi per harinya sekitar ratusan kunjungan saja.

Agak sedikit lucu dan bebal juga sih, seperti kurang kerjaan banget mendaftarkan blog yang masih seumuran jagung dan belum banyak konten untuk bisa dimonetize ke Adsense.

Tapi aku suka mencoba berkali-kali biarpun hasilnya juga tak pasti berhasil. Namanya juga mencoba, siapa tau pihak adsense gak sengaja menerima surat cinta yang aku kirim, hahaha.

Dan yang pasti, semua usaha pasti akan mendapatkan hasil. Aku percaya bahwa tidak ada hal yang sia-sia ketika kita sudah mengusahakan semampu kita, biarpun hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
Don’t despair and never lose hope. Cause Allah is always by your side
InsyaAllah - Maher zain

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar