orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id
Saat pertama kali mendaftar menjadi freelancer di Indonesia, aku kaget dengan rendahnya nilai harga yang ditawarkan untuk job penulisan artikel. Kebanyakan job yang aku temui berkisar 1 artikel dengan panjang 300-500 kata, dihargai dengan nominal 15.000-25.000 per artikel.

Tentu saja artikel tersebut juga memiliki syarat-syarat khusus. Dari tema yang ditentukan, mengandung keyword yang ditargetkan, SEO Onpage, original, lolos copyscape dan deadline yang menyusahkan (1-2 artikel perhari).

Jika tidak sesuai dengan harapan, seperti progress artikel tidak publish di hari ini, maka langsung diajukan banding untuk memutus kontrak kerjasama.

Tidak ber-peripenulisan banget...

Selama seminggu aku hanya melihat-lihat job yang ada tanpa melakukan penawaran. Karena aku sendiri sadar bahwa membuat artikel tiap hari itu tidaklah mudah. Aku juga harus bertanggung jawab dengan keaslian artikel dan menulis untuk orang lain pasti juga berbeda dengan menulis untuk blog sendiri.

Aku juga memilih dan memilah apakah pekerjaan tersebut bisa aku selesaikan dengan benar. Apakah pekerjaan tersebut bisa aku kerjakan dengan keterbatasan waktu yang aku miliki. Dan yang paling penting apakah pekerjaan tersebut pantas dari harga yang ditawarkan dengan job yang dikerjakan.

Disaat aku menemukan pekerjaan yang cocok, aku mencoba melakukan penawaran untuk job tersebut. Namun tak satupun dari pemberi job yang menyambut uluran tangan yang aku berikan. Bahkan hingga hampir sebulan aku tidak mendapatkan pekerjaan apapun dari marketplace ini.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau job di marketplace freelancer, apalagi jika kita masih pemula dan baru memulai usaha ini.

Pemberi job juga lebih mengutamakan yang berpengalaman dan memiliki portfolio yang bagus ketimbang pemula, dan itu adalah hal wajar.

Trus bagaimana agar bisa mendapatkan job di awal-awal mendaftar freelencer?

Menurutku, rezeki itu tidak akan tertukar dengan rezeki orang lain, jika memang job itu merupakan salah satu sumber rezeki kita, InsyaAllah job tersebut tidak akan pergi kemana-mana.

Anggap saja itu faktor keberuntungan. Karena aku sendiri merasa seperti itu saat pertama kali mendapatkan job di freelancer ini. Namun tidak serta merta karena beruntung saja, tapi ada hal yang penting guna mengsukseskan penawaran job kita diterima atau tidak?

Berikut aku jelaskan point penting yang harus diketahui oleh seorang freelancer agar dapat job di Project.co.id

#1. Ingat Selalu! Rating Itu Penting

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id
Yang membedakan antara freelancer pemula dan freelancer yang sudah berpengalaman adalah dari rating profilnya. Semakin sering freelancer mendapat job dan berhasil menyelesaikannya, rating profile tersebut akan menyakinkan pemberi job untuk menerima dia dalam job kali ini.

Sama halnya seperti saat kita mau membeli barang online di marketplace belanja online. Pasti selain melihat harga yang murah, kita juga cari-cari info tentang pelapaknya juga bukan? Dari rate jualnya, riview atau feedback dari pembelinya dan sebagainya.

Di freelancer project.co.id juga sama, pemberi job juga akan memikirkan hal yang sama seperti saat kita membeli barang online. Pemberi job akan memiliah dan memilih dari harga yang ditawarkan juga rate pekerja yang baik.

Mereka pasti tidak mau dengan menargetkan harga murah justru mendapat pekerja yang asal-asalan. Memang tidak ada kerugian berupa materi dalam transaksinya, karena adanya sistem artbitase. Namun mereka akan rugi dengan waktu karena salah memilih pekerja.

#2. Buat Profile Yang Menyakinkan

Dengan mengetahui bahwa rating pekerja itu penting, maka yang harus kita lakukan sebagai pemula adalah dengan memperbarui dan melengkapi kelengkapan data profile kita. Tujuannya sebagai branding dan sebagai portfolio disetiap kita mengajukan penawaran job.

Dengan melengkapi data diri profile, membuat kita terlihat sebagai pekerja yang transparant. Kelengkapan profile juga sebagai ganti dari rate pekerja.

#3. Pengajuan Penawaran Adalah Medan Perang

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id
Source : unsplash.com
Yang paling penting adalah perihal penawaran project. Kebanyakan dari pemula, di setiap ada job, mereka akan menyodorkan secara langsung ketertarikannya, namun tidak dengan bahasa dan tata cara yang baik.

Seperti contoh :
Saya sangat tertarik dengan pekerjaan ini, saya pasti sanggup mengerjakannya
Bandingkan dengan
Selamat pagi, perkenalkan nama saya Harry potret. Saya seorang blogger yang memiliki blog di alamat bla bla bla. Pengalaman saya menulis di blog ini sudah 5 tahun lebih. Saya tertarik dengan panawaran yang Anda buat, karena basic saya berada dalam pengerjaan job kali ini.
Jika disuruh milih antara penawaran yang pertama dan yang kedua, tentu yang lebih menyakinkan akan dapat job adalah pengajuan penawaran yang kedua.

Jadi langkah yang tepat dalam mengajukan penawaran adalah :
  1. Ucapkan salam
  2. Perkenalkan diri
  3. Jelaskan kemampuan Anda dibidang apa
  4. Jelaskan bagaimana anda bisa menyelesaikan job ini
  5. Berikan bukti karya anda untuk meyakinkan pemberi job memilih anda dalam project ini

#4. Buat Penawaran Untuk Pekerjaan Mudah

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id
Contoh kerjaan mudah (namun aku sendiri tidak bisa membuat sebanyak itu)
Kebanyakan freelancer pemula akan berpikiran seperti ini “Semakin banyak mengajukan penawaran, maka peluang dapat pekerjaan semakin besar” atau ”Cari pekerjaan dengan bayaran tinggi agar cepat kaya” atau ”Yang penting dicoba mengajukan dulu, siapa tau keterima”. Nah disitulah letak kesalahannya?

Banyak mengajukan penawaran bukan berarti peluang dapat pekerjaan semakin besar. Apalagi jika kita melakukan pengajuan penawaran dengan tata cara yang salah. Apalagi jika memang benar-benar keterima dan ironisnya kita tidak memiliki kemampuan bisa mengerjakan jobnya.

Cari pekerjaan dengan bayaran tinggi pun sama. Kalau kita tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan job, untuk apa kita mengajukan penawaran. Bukan hanya tidak dapat penghasilan, rate kita sebagai pekerja pun akan dipertaruhkan.

Mending disaat awal-awal jadi freelancer, carilah pekerjaan yang mudah dengan bayaran yang rendah pula. Karena type job seperti ini memang lebih diperuntukkan bagi freelancer baru dengan persaingan yang tidak begitu tinggi.

Jangan prioritaskan mendapat penghasilan tinggi terlebih dahulu, namun bangunlah image dan rate yang bagus, agar kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dikemudian hari.

#5. Jangan Merendahkan Diri Sendiri Dengan Menawarkan Harga Lebih Rendah

Pilihlah job yang lebih mudah dan lebih murah biaya pengerjaannya, namun jangan menurunkan harga serendah-rendahnya agar supaya kita mendapatkan job tersebut. Nanti kita sendiri yang akan merasa dirugikan.

Misalnya dalam suatu job, pemberi job memasang harga 100.000 untuk reward penyelesaian job. Kita memang bisa memasang harga penawaran lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang ditawarkan.

Menurunkan harga memang strategi jitu agar kita dapat memenangkan project. Namun kalau terlalu rendah, kita sendiri jadi merasa tidak termotivasi mengerjakannya. Pasti dalam hati kita akan menyesali “kenapa harus aku turunkan harganya”.

#6. Komunikasi Yang Baik Adalah Kuncinya

Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance di Project.co.id
Source : unsplash.com
Jika pemberi job merasa tertarik dengan tawaran kita, kita akan dihubungi kembali oleh pihak pemberi job tentang kesanggupan kita mengerjakan project ini. Disaat itulah, komunikasi yang baik dapat meningkatkan keberhasilan kita mendapatkan job.

Selalu jawab pertanyaan pemberi job dengan cepat agar mengesankan bahwa kita serius dalam pengerjaan job ini. Dengan begitu peluang kita mendapatkan job semakin besar.

#7. Selesaikan Job Dengan Penuh Tanggung Jawab

Dalam menyelesaikan job, kita akan diberi deadline dalam pengerjaan project ini. Namun kebiasaan manusia itu sering menunda-nunda suatu pekerjaan, jadi usahakan setelah job disetujui, kita langsung mengerjakan job tersebut secepatnya.

Laporkan progress pembuatan job tiap hari agar pemberi job tau bahwa kita sedang mengerjakan job ini. Jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada pemberi job tentang syarat atau poin penting dalam pengerjaan project ini.

Karena akan lebih baik kita revisi sekarang dari pada job sudah jadi namun harus direvisi kembali karena tidak sesuai ketentuan dari pemberi job.


Begitulah tip yang aku aplikasikan dan alhamdulillah work. Aku dapat job disaat belum genap 1 bulan bergabung di project.co.id. Semoga bermanfaat.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar