orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Hal Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Olahraga Lari Jarak Pendek

Hal Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Olahraga Lari Jarak Pendek
Source : unsplash.com
Tidak hanya menyehatkan, olahraga lari juga termasuk olahraga yang terbilang murah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Meskipun terlihat remeh, namun olahraga yang satu ini merupakan satu dari sekian cabang yang dilombakan pada kompetisi akbar seperti Asean Games maupun Olimpiade.

Dalam olahraga lari sendiri ada berbagai macam cabang lari yang dilombakan. Ada lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari estafet dan lari halang rintang. 

Semua jenis olahraga lari mempunyai jenis start yang berbeda-beda. Maka penting sekali untuk memahami lebih dalam jika kita ingin menekuni olahraga ini biar tidak keliru, terutama untuk lari jarak pendek.

Peraturan Lari Jarak Pendek


Lari jarak pendek sering disebut dengan sprint. Lari jarak pendek ini merupakan olahraga lari yang dilakukan dengan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis start hingga finish. Karena pemenang lari jarak pendek ini ditentukan dari peserta yang tercepat sampai di garis finish.

Sesuai namanya, lari jarak pendek ini memiliki panjang lintasan terpendek dari pada cabang lari lainnya. Ada 3 jarak lintasan yang diperlombakan yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Untuk peraturannya sendiri, umummya adalah dengan berlari sesuai aba-aba dan melaju hingga garis finish. Aba-aba yang digunakan bisa menggunakan kata-kata “bersedia”, “siap” dan “ya” atau menggunakan bunyi pistol sebagai ganti kata “ya”.

Peserta yang melakukan kesalahan pada garis start akan diperingatkan sampai 3 kali. Jika terus melakukan kesalahan yangs ama, peserta bisa didiskualifikasi. Untuk itu penting sekali mengetahui teknik start untuk lari jarak pendek.

Macam-macam Teknik Start Lari Jarak Pendek

Macam-macam Teknik Start Lari Jarak Pendek
Source : unsplash.com
Umumnya start lari untuk jarak pendek itu menggunakan start jongkok. Peranan start yang baik pada lari jarak pendek memiliki peranan yang penting agar menjadi pemenang perlombaan. Setidaknya ada 3 (tiga) teknik yang ahrus kalian pahami.

1. Start Pendek (bullet start)

Peserta lari memposisikan jari-jari kaki belakang hampir sejajar dengan tumit kaki depan saat berada pada blok. Jarak kaki dengan block start sekitar 0,40 meter dari garis start.

2. Start Menengah (Medium Start)

Jarak kaki dengan block start sekitar 0,53 meter dari garis start. Setiap peserta lari harus memposisikan lutut kaki belakang ditempatkan berada di samping telapak kaki depan.

3. Start Panjang (elongated start)

Teknik start yang terakhir adalah start panjang yang mana peserta lari harus memposisikan lutut kaki belakang sejajar atau sedikit berada di belakang tumit kaki depan. Teknik start yang satu ini diperuntukkan untuk yang diperuntukkan bagi para peserta lari yang memiliki bentuk kaki yang panjang.

Dengan memahami teknis start yang baik, peserta lari akan mendapatkan manfaat secara maksimal guna meningkatkan keberhasilan seorang pelari mencapai garis finish.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Lari

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat posisi Lari
Source : unsplash.com
Tidak hanya waktu start saja, peserta lari juga harus memahami teknik dasar dalam berlari. Selain agar bisa memaksimalkan catatan waktu saat berlari, juga posisi tubuh yang baik saat berlari bisa menguragi resiko cedera.

Seperti posisi kepala dan pandangan diperuntukkan untuk tetap lurus ke depan. Posisi bahu sebisanya harus tetap rileks meskipun kita harus lari secepat mungkin.

Ketika sedang berlari, usahakan posisi siku tangan membentuk sudut 90 derajat. Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan momentum saat mengayun ke depan dan ke belakang.

Saat berlari, bagian kaki merupakan bagian yang paling penting. Agar mendapatkan ahsil yang maksimal, angkatlah lutut bagian depan dan luruskan kaki bagian belakang. Hal Ini akan menghasilkan jangkauan langkah yang lebih jauh

Posisi Tubuh Saat Menginjak Garis Finish

Posisi Tubuh Saat Menginjak Garis Finish
Source : kompasiana.com
Tidak hanya start dan saat berlari saja yang ada tekniknya, saat menginjak garis finish pun peserta lari harus memahami teknik dasarnya. Karena pada dasarnya, teknik melewati garis finish ini sangat menentukan siapa pemenang dari perlombaan lari jarak pendek.

Secara umum, peserta lari harus memperhatikan posisi dada mereka saat menyentuh garis finish. Karena posisi tubuh bagian dada lah yang menentukan peserta lari sudah melewati garis finis atau belum. Bukan bagian kepala, tangan maupun tubuh bagian lainnya.

Garis finish pada lari jarak pendek baisanya menggunakan sebuah garis putih dengan lebar 5 cm. Peserta lari dianggap mencapai garis finish ketika posisi dada, kaki serta bagian tubuh lainnya sudah melewati garis finish.

Jadi teknik yang benar adalah dengan mengayunkan tangan ke posisi bawah belakang, kemudian mencondongkan bagian dada ke depan tanpa mengurangi kecepatan lari.

Hal Yang Harus Dihindari Peserta Lari Jarak Pendek

Hal Yang Harus Dihindari Peserta Lari Jarak Pendek
Source : unsplash.com
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa peserta lari harus memahami peraturan lari jarak pendek. Jika peserta lari melanggarnya, pelari akan mendapatan peringatan bahkan bisa didiskualifikasi.

Berikut ini hal-hal yang dianggap membuat pelari didiskualifikasi dalam perlombaan lari jarak pendek.
  1. Melakukan kesalahan start lebih dari tiga kali. Misalnya melakukan start sebelum aba-aba “ya”
  2. Pelari dilarang memasuki lintasan pelari lain apalagi sampai mengganggu pelari lain.
  3. Pelari juga tidak diperbolehkan keluar dari lintasan semisal bertujuan biar lebih cepat sampai garis finish.
  4. Pelari tidak diperuntukkan memakai obat perangsang (dopping), jika terbukti memakai obat-obatan, peserta lari akan didiskualifikasi meskipun sudah memenangkan perlombaan.
Nah begitulah kiranya hal-hal yang perlu diketahui untuk kalian yang ingin menekuni olahraga lari, terutama olahraga lari jarak pendek. 

Semoga bermanfaat

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar