orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan
Selama ini banyak yang mengira bahwa mempunyai blog gratisan di wordpress itu tidak bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi. Padahal memang susah, hahahaha 😂😂

Aku sendiri saja biarpun sudah lama menulis di blog ini (1 tahun itu udah lama loh) masih belum juga mendapat uang dari blog ini.

Yah maklum, blog curhatan yang kadang dikenal sebagai blog tukang bulli jomblo. Padahal tidak begitu juga adanya. Aku hanya membuat konten tersebut untuk memotivasi kalian para jomblo biar tetap semangat mengarungi kesendirian dengan kepala tegak hahaha.

Okay, kembali ke topik

Apakah bisa blog Wordpress gratisan menghasilkan uang dari blog?

Tentu saja bisa. Meskipun aku sendiri belum pernah mendapatkannya, tapi aku percaya blog gratisanpun bisa menghasilkan uang untuk kalian.

Jadi postingan ini bohongan yang hanya dibuat sebagai penghibur? Tentu tidak.

Memang sama-sama kita ketahui bahwa WordAds (Adsense khusus blog di wordpress) hanya berlaku untuk blog custom domain yang sudah terdaftar di Wordads program. Dan blog dengan label gratisan sudah dipastikan tidak bisa mengikuti program tersebut. Apalagi mendaftar Adsense google.

Tapi dikesempatan kali ini, aku ingin share pengalaman ngeblog di platform blogger yang sepertinya juga bisa diaplikasikan di blog wordpress gratisan perihal monetize blog.

Bukan tidak mungkin loh blog gratisan di wordpress bisa meraup penghasilan dari artikel yang kalian buat.

Ada banyak cara menuju Roma, meskipun tidak sampai ke Roma juga, ke Venezia pun sepertinya lebih menarik dan indah #Meskipun aku belum pernah ke sana

Nah di bawah ini cara-cara yang mungkin bisa digunakan agar blog gratisan di wordpress bisa menjadi sebuah penghasilan.

#1. Mendaftarkan Blog ke Affilasi Lokal

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan
Source : unsplash.com
Banyak Affiliate Marketing Indonesia yang sukses mengunakan blog dengan custom domain yang berbahasa inggris dan meraup keuntungan yang luar biasa dari affilasi terkenal semacam amazon dan clickbank.

Nah bagi kita yang memakai blog gratisan, kita bisa coba daftar blog gratisan ini ke sebuah penyedia afilasi lokal di Indonesia. Meskipun Affiliate marketing di Indonesia tidak begitu menghasilkan karena pengguna internet di Indonesia masih tidak terlalu tinggi minat beli onlinenya. Tapi apa salahnya di coba kan.

Selain pendaftaran gratis dan cara kerjanya pun praktis. Kita tinggal pasang banner dan menunggu ada penguna internet yang tertarik membeli produk melalui banner yang kita pasang.

Aku sendiri juga tidak yakin pengguna internet mau klik banner dan membeli, tapi sekali lagi aku katakan, apa salahnya dicoba. Mau klik kek, mau beli juga kek, yang penting kita tetep nulis di blog.

Saat ini banyak kok affilasi marketing di indonesia yang menawarkan program afilasinya. Seperti Lazzada, Blibli, Zalora dan lain sebagainya.

Tapi permasalahannya, untuk Lazzada sendiri, pemasangan iklannya harus mengunakan script 
</iframe> yang tidak bisa dipasang di widget wordpress gratisan. Untuk Blibli, sampai sekarang aku belum di Approve, jadi tidak tahu banyak soal blibli

Tapi ada satu Affilasi yang tidak mengunakan script tersebut, tapi mengunakan script <ahref> seperti kita memasang banner-banner komunitas di blog di widget. Affilasi tersebut namanya accesstrade.co.id

Pendaftarannya gratis. Kita tinggal masukin blog kita, tunggu riview di approve atau tidak. Setelah di Approve, baru kita bisa ikutan Campaign afilasinya.

Sistem kerjanya ini CPA (Cost Per Action). Maksudnya kita akan mendapat bonus atau komisi disetiap ada yang klik banner kita, kemudian membeli produk. Komisinya bisa sampai 10% dari harga produk. Lumayan kan.

#2. Menjadi Influencer Riview Produk

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan
Source : unsplash.com
Jika blog kita mempunyai follower yang banyak dan kunjungan blog yang stabil, tidak salahnya kita mencoba mendaftar menjadi influencer suatu produk.

Caranya bagaimana? Yah kalian harus jadi selebritis dulu, huhuhuhu. Tidak, itu becanda!

Ada kok website yang menjembatani antara Advertiser dan influencer secara langsung. Intinya, kita daftar ke website tersebut , kemudian advertiser akan memberikan job entah berupa riview produk, atau placement backlink keyword dan lain sebagainya.

Setelah kita dapat permintaan job, kita akan mengerjakan job tersebut dan mempublishnya di blog kita. Barulah kita dapat bayaran dari hal tersebut.

Tidak selalu tulis sendiri kok, kapan hari aku dapat file mentahan dari Advertisernya. Aku tinggal publish saja dan sedikit memberikan gambar yang menarik untuk konten tersebut.

Ada 4 website yang menyediakan semacam job untuk blogger, antara lain :
  1. sosiago.com
  2. rajabaklink.com
  3. vira.com
  4. jawaLink.com
Untuk jawalink, aku sendiri belum pernah mendapat penawaran dari mereka. Sedangkan untuk Sosiago, Vira dan Rajabacklink, Alhamdulillah aku pernah mendapatkan penawaran job di sana #Serius #IniBukanPamer

Jadi, sekali lagi aku mengatakan ini untuk ketiga kalinya. Tidak ada salahnya untuk mencoba 😂😂

#3. Ikutan Lomba Blog

Satu lagi uji keberuntungan kalian di challenge “Lomba menulis di Blog”.

Tiap bulan, ada saja brand atau website yang mengadakan lomba menulis di blog. Dan hadiahnya juga lumayan loh, seperti Koh Dedy Huang yang pernah merasakan hadiah samsung galaxy C9 pro.
Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan
Tuh keren kan?

Untuk cari lomba menulis, kalian cukup cari di search engine “Lomba [bulan] [tahun]” maka kalian akan dapatkan list lomba yang menurut kalian bisa di ikuti.

Untuk bisa memenangkan hadiah utamanya juga tidak mudah. Tapi dengan mengikuti lomba seperti ini, kalian bisa punya pengalaman menulis yang baik. Karena untuk bisa memenangkan lomba tentu konten yang dilombakan harus bagus juga. Minimal harus ada riset biar informasi yang disajikan lengkap dan menarik.

Kalau ditanya, yang nulis ini pernah menang tidak? Jawabannya, Hmmmm.. susah aku mau jelaskan, hahaha

Belum sih, tapi mungkin suatu hari nanti di hari yang cerah, angin sepoi-sepoi menghempaskan daun-daun maple di kanada, di hari itu aku akan memenangkannya.

Dan salah satu yang aku menangkan adalah HATIMU, yah hatimu itu 😍😍

#4. Membuat Laman Iklan Dan Banner Donasi di Blog

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Wordpress Gratisan
Dan untuk yang terakhir. Mungkin tidak sepenuhnya berhasil, tapi apa salahnya dicoba kan (Udah empat kali, yes dapet piring cantik) 😂😂

Membuat laman kontak yang bisa menarik advertiser untuk beriklan di blog kita. Caranya tentu wajib untuk lampirkan email di blog biar pihak advertiser bisa menghubungi kita.

Pernah juga aku melihat di suatu blog yang memasang screenshot statistik per harinya di laman tersebut. Dan jangan lupa kasih harga standart untuk rivew produk dan placement backlink jika advertiser sudah mempunyai konten sendiri dan kita tinggal publish saja.

Atau kita bisa memasang banner donasi di blog. Yang nantinya jika ada yang merasa terbantu dengan konten yang kita publish, mereka bisa memberikan donasi untuk kita melalui banner tersebut. 

Seperti di blogku ini, aku memasang banner di widget yang nantinya banner itu akan mengarahkan ke platform trakteer.id. Kalau tidak percaya, coba deh klik banner di widget paling bawah, kemudian donasi pizza untuk ku 😏😏


Nah sampai di sini ada yang perlu ditanyakan?

Please jangan tanyakan aku pernah menang lomba atau tidak? Atau berapa penghasilanku dari blog ini?

Karena semua itu bukan tentang penghasilannya berapa, tapi kepuasan tersendiri ketika tulisan kita mendapat nilai lebih di mata orang lain. Apalagi nilai itu berupa hal yang menyenangkan seperti uang sekoper atau batangan emas 24 karat dibayar tunai #tsah

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar