orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint

Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint
Source : kompasiana.com
Apa yang paling menyenangkan bagi seorang penulis blogger? Pastinya ketika artikel yang dibuat disukai oleh pembaca kan?

Ketika kita menulis artikel yang orisinil, tentunya kita menulisnya dengan sepenuh hati dan penuh dedikasi. Kita mencari referensi dan menyusunnya kata demi kata dalam bentuk tulisan yang lengkap dan menarik agar membuatnya enak dibaca. Pembaca akan senang dan kalian pasti juga akan merasa terpuaskan.

Namun bagaimana jika ada sebagian pembaca yang karena senangnya kemudian mengcopy-paste seluruh artikel yang kita buat ke blognya tanpa sepengetahuan kita. Selain itu mereka juga tanpa menyertakan link atau url sumber artikel yang asli saat melakukan copy paste
Bagaimana perasaan kalian akan hal ini?

Niatnya mungkin baik, agar informasi dari artikel tersebut dibaca oleh pengunjung blognya dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Namun dampaknya menjadi tidak baik terutama bagi sumber asal tulisan tersebut di mata Google.

Bayangkan jika tulisan kalian disalin sepenuhnya dengan judul artikel yang sama persis, kemudian mesin pencari justru merekomendasikan artikel copy paste tersebut di halaman pertama, alih-alih blog kalian sebagai artikel orisinilnya. Kan miris banget.

Tentu dengan duplikat seperti itu akan membuat tulisan yang asli mempunyai reputasi buruk di search engine. Dan tentu hal tersebut akan merusak SEO pada artikel asli. Repotnya, terkadang Search engine pun tidak bisa membedakan mana artikel asli dan mana artikel copy-paste.

Menyebalkan bukan? Dan itu terjadi pada blogku.

Kapan hari sewaktu lagi santai di rumah, dengan meminjam smartphone istri untuk sekedar browsing-browsing. Aku kaget melihat sebuah judul yang mirip banget dengan artikel yang pernah aku buat.

Karena penasaran, aku kunjungi blog itu. Alangkah kagetnya saat aku melihat tidak hanya judulnya saja yang sama, bahkan kata demi kata dan juga gambarnya pun sama persis dengan artikel yang ada di blogku.

Aku sih tidak mempermasalahkan jika artikelku dishare atau direblog, malah aku senang. Aku juga rela artikel yang aku buat dicopy-paste keseluruan kata-katanya dan dipublish di blog lain. Asalkan itu bermanfaat bagi orang lain itu sudah membuatku senang.

Tapi copy-paste juga ada etikanya bukan? Minimal cantumkanlah sumber artikel yang bersangkutan di akhir artikel sebagai kode etik dunia blogger.

Karena kesal melihat artikel yang aku buat disalin tanpa ijin dan tanpa menyertakan url sumber aslinya. Akhirnya aku coba koment secara baik-baik ke blog yang bersangkutan. Aku tanyakan tentang artikel kenapa tidak menyertakan url sumbernya.

Aku tunggu hingga seminggu tidak ada balasan dari authornya. Kembali aku lihat berandanya dan artikel lainnya. Menurutku sih artikel yang dipublish di sana kebanyakan hasil dari copy-paste dari blog lain.

Terlihat dari gaya bahasa penulisannya yang beda-beda tidak menunjukkan keaslian dari si penulis. Kadang memakai kata “Anda”, ada juga yang memakai kata “Aku”.

Iseng-iseng aku searching salah satu judul artikel di sana. Dan astaga, memang benar-benar sama artikel tersebut di website populer lainnya.

Akhirnya aku memutuskan untuk melaporkan tindakan plagiat itu pada Google. Caranya dengan mengajukan pelaporan pada DMCA (Digital Millenium Copyright Act) Complain.

Ada banyak sih caranya, karena problemku pada wordpress waktu itu dan pelaku plagiat juga mengunakan platform wordpress yang sama. Maka aku mengajukan pelanggaran plagiat itu pada pihak DMCA Automattic.

CARA MELAPORKAN PLAGIAT KE DMCA WORDPRESS


Langkah pertama adalah mengunjungi http://automattic/dmca

Kemudian kita akan mengisi form identitas diri terlebih dahulu. Pada kolom “Name of Copyright holder” isikan judul artikel yang terjadi plagiat.
Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint
Kolom bawahnya, isikan url lengkap dari artikel tersebut, kemudian jelaskan pula kenapa kalian ingin melaporkan ini. Terakhir isikan pula url original dari blog kalian.

Centang semua pilihan, kemudian submit. Oh iya jangan lupa tambahkan nama kalian di bagian signature biar kalian juga ikutan viral 😂

Proses pelaporan ini biasanya memakan waktu 48 jam. Dan kemarin saat aku melaporkan tindakan plagiat itu, cukup satu hari sudah dapat balasan dari DMCA Automattic. Seperti ini surat balasan cintanya DMCA.
Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint
 Dan kalian tau bagaimana nasib dari artikel copy paste pasca pelaporan. Begini penampakannya.
Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint
Nah kan, nama kita akan viral karena tercantum di artikel plagiat itu 😂😂😂

Yah begitulah pengalaman bagaimana cara melaporkan tindakan plagiat pada blog wordpress. Untuk melaporkan plagiat di blogger bisa kunjungi di DMCA Google.

Memang jadi blogger itu tidaklah mudah. Tidak asal comot artikel orang lain agar blog kalian bisa dibaca banyak orang. Copy-paste sih boleh saja, namun setidaknya hargailah jerih payah penulis blogger dengan mencantumkan link artikel sumbernya. Itulah kode etik dalam penulisan di blogger.

Semoga bermanfaat

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar