orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Pengalaman Pribadi, 7 Keuntungan Pakai Aplikasi OVO

Pengalaman Pribadi, 7 Keuntungan Pakai Aplikasi OVO

Pembayaran
cashless memang teknologi sistem pembayaran yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Selain memang praktis, sistem keamanan datanya juga bisa dibilang cukup aman selama kita tidak kasih kode verifikasi ke orang lain aja.

Beberapa waktu yang lalu, aku pernah membuat artikel tentang dompet digital DANA beserta keuntungannya. Kali ini aku ingin menuliskan keuntungan memakai dompet digital OVO dari pengalaman saat memakai aplikasi ini.

OVO merupakan aplikasi financial teknologi (fintech) milik group Lippo. Bagi yang terbiasa pesan Grab, tidak akan asing dengan nama OVO ini. Selain memang OVO sebagai metode pembayaran cashless di Grab, OVO juga menjadi salah satu alternatif pembayaran di marketplace belanja online ternama, Tokopedia.

Bagi kalian yang tidak terbiasa membawa uang dengan jumlah banyak di dompet, OVO bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk bisa melakukan transaksi pembayaran, baik itu pembayaran offline maupun pembayaran online.

Banyak kok keuntungan menggunakan OVO ini. Pengen tau keuntungan pakai aplikasi OVO? Berikut aku jelaskan keuntungan pakai OVO menurut pengalaman pribadiku.

7 Keuntungan Menggunakan OVO Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Pengalaman Pribadi, 7 Keuntungan Pakai Aplikasi OVO

#1. Tempat Menyimpan Uang Pribadi


Bagiku, dompet digital merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk menabung. Amannya tuh, bisa ngumpetin uang pribadi tanpa sepengetahuan istri.

Eits... jangan salah kira yah, menyembunyikan uang tanpa sepengetahuan istri itu bukan untuk hal yang aneh-aneh kok. Nanti pada waktu yang tepat, aku bisa menggunakan uang rahasia itu untuk keperluan pribadi dan keluarga juga. Seperti untuk kado ulang tahun istri atau Anniversary misalnya.

Soalnya bagi pria yang berkeluarga, uang suami adalah uang istri, sedangkan uang istri bukan jaminan uang suami 😄😄.

Karena aku memilki beberapa penghasilan lain selain bekerja di perusahaan, jadi gajiku dari perusahaan selalu aku kasihkan semua untuk istri. Untuk kebutuhan sehari-hari seperti uang bensin dan jajanan selama sebulan, sebisanya aku ambil dari uang hasil pekerjaan lain. Meskipun terkadang minta istri juga kalau kehabisan uang 😂😂.

Namun dengan adanya dompet digital seperti OVO ini, sangat memudahkanku dalam menyimpan uang lebih. Karena kalau ada uang lebih di dompet, aku sering khilaf untuk membelanjakannya. Dan ironisnya, terkadang barang atau sesuatu yang aku beli itu terkadang kurang bermanfaat bahkan tidak terpakai dengan semestinya.

#2. Bisa Banget Buat Saling Pinjam Uang Dengan OVO


Selayaknya dompet digital lainnya, OVO memberikan kemudahan dalam transfer saldo OVO ke pengguna lain. Hal ini sangat berguna jika kalian memiliki teman yang sama-sama menggunakan aplikasi OVO. Gunanya, kalian bisa saling pinjam meminjami saldo OVO jika sedang mode krisis dan darurat.

Apalagi jika kalian pengguna setia aplikasi Grab untuk pesan ojek online ataupun pesan GrabFood melalui driver Grab. Kan sering tuh ada promo Grab yang mengharuskan pembayaran secara cashless untuk bisa menikmati cashback yang lumayan gede.

Saat mau top up saldo OVO, malah saldo rekening bank kosong. Jadi jalan satu-satunya adalah dengan meminjam saldo OVO kepada teman yang mengunakan OVO.

Untung saja aku punya teman yang menjadi driver Grab, jadi bisa diandelin sebagai sumber hutang saldo OVO saat diperlukan.

Sebenarnya ada juga fitur OVO Paylater, yang mana fitur tersebut memberikan kebebasan untuk membayar tagihan dalam batas jumlah tertentu meskipun kita tidak memilki saldo OVO cash di aplikasi.

Sistemnya semacam kita diberi pinjaman terlebih dahulu oleh OVO. Namun sebagai gantinya, kalian harus membayar di akhir bulan sejumlah yang telah dipinjamkan plus biaya paylater itu sendiri.

Tapi menurutku sih, lebih enak menggunakan sitem pinjam saldo OVO teman. Selain menambah keakraban sesama teman, juga dapat menyambung tali silaturokhim antar pengguna OVO. Namun jangan sampai gak bayar hutang loh? 😅

#3. Bebas Transfer Ke Berbagai Bank Lain


Yang paling menonjol dari OVO ketimbang dompet digital lainnya adalah perihal bebas transfer antar bank. Karena kelebihan inilah yang membuatku sangat menyukai dompet digital ini.

Ide menabung di aplikasi OVO juga dikarenakan keunggulan bebas transfer antar bank ini. Jadi saat aku butuh uang cash dan kebetulan saldo rekening kosong, maka aku transfer saldo OVO ke rekening bank, kemudian aku ambil melalui ATM.

Dibilang bebas transfer juga ada batasanya gaes. Kalian bisa tranfer ke bank lain syaratnya akun OVO kalian harus terdaftar sebagai OVO premier. Kalian harus upload foto ktp sebagai persyaratan pendaftaran OVO premier. Jika sudah disetujui, kalian bisa nikmatin layanan bebas transfer bank ini.

Selain itu, OVO memberi batasan gratis transfer ke bank lain dalam sebulan sebanyak 10 kali. Jadi jika kalian melebihi batasan tersebut, maka pada transaksi ke-11 dan seterusnya, kalian akan mendapatkan potongan saldo sebesar 3000 rupiah per transaksi.

(Update) : per oktober 2019, OVO memberlakukan biaya admin untuk transfer ke rekening Bank sebesar 2500 per transaksi.

#4. Sering Dapat Cashback Saat Beli Makanan Menggunakan QR Payment

Pengalaman Pribadi, 7 Keuntungan Pakai Aplikasi OVO

Seperti halnya DANA dan GoPay, OVO juga menyediakan pembayaran offline di toko atau merchant OVO secara offline menggunakan QR Payment. Dan enaknya membayar pakai OVO ini adalah bisa dapat cashback yang menarik.

Aku pernah dapat cashback 50% dari pembayaran yang aku lakukan. Aku sih berharap promo-promo seperti ini terus berlanjut hingga beberapa tahun lagi. Jadi auto kaya dong kalau gitu, wkwkw 😅😅.

#5. Ada OVO POINT Yang Bisa Dipakai Order Grab


Tidak hanya cashback yang kita dapatkan saat melakukan pembayaran menggunakan OVO. Ada reward menarik lainnya yang bisa kita dapatkan saat melakukan transaksi menggunakan OVO, yakni OVO Point.

OVO Point ini merupakan loyalty rewards, yang mana setiap pengguna OVO yang bertransaksi menggunakan OVO Cash akan mendapatkan bonus point yang bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Seperti order driver Grab atau untuk beli pulsa menggunakan OVO Points juga bisa.

OVO points bisa didapat dari semua transaksi di aplikasi Grab seperti pesan GrabBike atau GrabFood dengan menggunakan metode pembayaran OVO. Selain itu membeli barang di Tokopedia dengan menggunakan OVO juga salah satu cara cepat mendapat OVO Points.

#6. Promonya Ngeri Banget


Seperti yang aku katakan sebelumnya, promo pakai OVO itu menggiurkan sekali. Seperti cashback hingga 50% itu sesuatu bangets bagi pecinta diskon.

Apalagi jika kalian pengguna setia aplikasi Grab, pasti kalian sangat tergoda dengan event-event promo menarik dari Grab. Seperti promo perjalanan pakai OVO sebesar 1 rupiah dengan GrabCar atau promo naik GrabBike 1000 rupiah (minimal perjalanan dengan biaya 20.000 (7 km lebih)). Dan promo cashback hingga 70% di GrabFood.

Gila banget kan promonya?

Aku pernah loh nikmatin cashback hingga 70% (maksimal cashback 35.000 dengan minimal pembelian 40.000) di GrabFood. Yang awalnya harga pesanannya 45.000, aku cuma bayar 17.000, itupun sudah termasuk dengan biaya ongkirnya juga. Namun semua promo itu hanya berlaku bagi pengguna yang menggunakan pembayaran OVO saja yah.

#7. Bisa Buat Top Up Gopay Customer Maupun Gopay Driver


Sebenarnya 6 keuntungan di atas sudah cukup untuk bisa ngomporin kalian untuk mencoba menggunakan aplikasi OVO ini. Namun seperti biasanya, aku tuh sering membuat artikel di blog ini dengan pola “menaruh inti di akhir konten”.

Yups, point ke tujuh ini bukan intinya, namun aku membuat artikel ini dikarenakan ingin share tentang hal ini pada kalian. Bahwa OVO itu bisa banget untuk top up saldo Gopay tanpa biaya sepeserpun alias gratis. Gratispun tetap dalam batasan persyaratan di OVO-nya yah.

Jadi ceritanya saat searching-searching, aku menemukan konten menarik tentang cara top up Gopay Driver via OVO di salah satu blog. Dibeberapa website, aku hanya menemukan cara top up Gopay, namun hanya untuk Gopay Customer saja. Sedangkan aku butuhnya bisa untuk transfer ke Gopay Driver. Dan Alhamdulillah aku menemukan artikel tersebut.

Dengan begitu, aku bisa melakukan top up Gopay driver kapanpun dan dimanapun selama aku memiliki saldo OVO. Lagian top up Gopay menggunakan OVO biayanya gratis, tidak seperti top up di BRI Mobile yang ada fee 1000 rupiah ataupun via Alfamart dengan biaya admin 2000 rupiah.


Bagaimana? Tertarik menggunakan OVO dengan kelebihan-kelebihan di atas? Atau menurut kalian ada tambahan lagi kelebihan dari aplikasi OVO untuk kehidupan sehari-hari? Bisa banget di share kolom komentar yah.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya


Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar