orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Bagaimana Cara Dapat Koin dan Token Kripto Secara Gratis

Bagaimana Cara Dapat Koin dan Token Kripto Secara Gratis
Source: mediaindonesia.com
Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mendapatkan koin maupun token gratis, ada baiknya kita kenalan dulu sama yang namanya token dan koin kripto.

Bagi yang masih baru mengenal apa itu kripto, pastinya pada bingung kenapa ada banyak banget koin-koin yang ada di market kripto. Ada bitcoin, dogecoin, litecoin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Belum lagi kita baru tahu bahwa tidak hanya koin yang ada di market kripto, masih ada yang namanya token, NFT dan wraped koin. Lalu apa sih perbedaannya?

Mungkin kita abaikan dulu tentang NFT dan wraped koin. Seperti judul artikel ini, kita fokus dulu kepada token dan koin kripto.

Kripto koin dan Kripto token memang terlihat serupa, namun sebenarnya fungsi dan asal muasalnya sangatlah berbeda.

Jika koin dalam dunia kripto dibangun di jaringan blockchain independen miliknya sendiri, maka token merupakan aset digital yang dibangun di atas jaringan blockchain milik pihak lain dengan teknologi smart contract.

Perbedaannya bisa kita lihat saat transaksi. Misalnya jika kita transfer BTC, maka biaya transfernya berupa koin BTC juga. Sedangkan token, biaya transfer akan dibebankan pada jaringan yang ditumpanginya.

Misalnya kita akan transfer Binance USD (BUSD), maka biaya transfer akan otomatis memotong saldo Binance (BNB) sebagai ongkos sewa jaringan.

Contoh koin kripto adalah Bitcoin (BTC), Etherium (ETH), Cardano (ADA), Binance Koin (BNB). Sedangkan contoh token kripto seperti Binance USD, FTX token, KuCoin Token dan lain sebagainya.

Intinya kita harus tahu betul bahwa koin dan token itu beda. Meski memiliki nama token yang sama, jika jaringannya berbeda, kita akan kehilangan token tersebut kalau kita salah transfer di jaringan yang berbeda.

Jadi pahami betul tentang jaringan dan address sebelum transfer koin maupun token kripto. Karena kita tidak bisa claim dan banding jika terjadi kesalahan transfer.

Umumnya untuk mendapatkan koin adalah dengan membeli. Namun sebenarnya kita bisa kok dapat koin kripto maupun token secara gratis. 

Nah berikut ini aku ingin share pengalamanku mendapatkan koin dan token gratis. Yuk simak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Kripto dan Token Kripto Secara Gratis

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Kripto dan Token Kripto Secara Gratis
Source : superyou.co.id
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan beberapa koin secara gratis. Namun sebelum lanjut ke bagian itu, yang harus kita siapkan terlebih dahulu adalah dengan memiliki dompetnya terlebih dahulu.

Dompet kripto atau disebut wallet kripto bisa kita dapat dengan mendaftar secara gratis di berbagai platform. Ada beberapa rekomendasi dompet kripto dariku, yakni : Trustwallet, Metamask, Coinbase, dan Binance. Aku memiliki dan memakai ke-empatnya dengan sangat bijak hahaha

Setelah memiliki dompet kripto, barulah kita lanjut mencari koin dan token gratis dari :

#1. Airdrop


Apa itu airdrop? Yang jelas airdrop di sini bukan membahas tentang aplikasi android semacam share-it. Airdrop di sini merupakan saah satu strategi pemasaran pengembang kripto dalam proyek pengenalan maupun pemasaran kripto barunya.

Biasanya mereka (pengembang kripto) memberikan penawaran menarik seperti bagi-bagi koin gratis dengan syarat tertentu. Seperti ceritaku kemarin di artikel cari recehan gratis dari kripto coin dan token. Aku mendapat beberapa koin hanya dengan verifikasi identitas di proyek airdrop Blockchain wallet.

Ada juga airdrop yang syaratnya kita harus follow, like dan retweet akun media sosial pengembang terlebih dahulu. Ada juga yang harus beli koin di event pre-sale, baru mendapat koin barunya. Banyak deh macemnya.

Karena ide cerita ini adalah nyari yang gratisan, maka carilah airdrop yang benar-benar gratis dalam pelaksanaan proyeknya. Mau tau syarat jadi airdrop hunter yang handal, yuk baca artikel perlengkapan pencari airdrop koin gratisan ala penadiri

Kalau udah daftar proyek airdrop, apakah pasti dapat koin barunya?

Tentu saja tidak. Perlu diketahui bahwa airdrop ini semacam uji keberuntungan.

Masalahnya adalah selain syarat yang diberlakukan oleh pengembang dalam airdropnya, terkadang pengembang juga memberi batasan jumlah penerima koin gratisnya. Dari 5000 pemenang koin gratis terdapat ratusan ribu pendaftar.

Yah beruntung-beruntungnya kita aja kalau main airdrop-an.

Mau tahu tips agar sering dapat airdrop koin gratis, yuk simak tutorial dapat kin gratis dari airdrop.

#2. Ikuti Event dan Giveaway

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Kripto dan Token Kripto Secara Gratis
Source : duniafintech.com
Dengan mendaftar airdrop, biasanya pengembang sering memberikan event dan giveaway kepada peserta selama jeda waktu tunggu distribusi koin. Biasanya giveaway semacam ini di umumkan di sosial media khususnya twitter.

Event ini lumayan loh. Besaran hadiahnya jauh lebih besar dari koin dari airdrop itu sendiri. Eventnya cukup simple biasanya. Terkadang hanya retweet dan tag teman, terkadang disuruh buat meme, terkadang disuruh tebak angka dan tebak skor pertandingan bola.

Hanya saja untuk memenangkan event tersebut, butuh yang namanya keberuntungan yang besar.

Selain giveaway di sosial media, proyek airdrop juga sering ada event live tanya jawab bersama selebritas maupun orang populer di bisang kripto. Event ini tidak hanya sekali, bahkan bisa berkali-kali selama proyek airdrop berlangsung.

Kalau kalian banyak waktu, kalian bisa ikutan event ini. Cukup hadir di acara live AMA (Ask Me Anything) lalu kasih pertanyaan saat sudah berada pada sesi tanya jawab. Giveaway pada event ini bisa ditujukan pada anggota yang aktif dalam sesi AMA, maupu peserta dengan kualitas penanya terbaik.

Hadiahnya juga lebh besar dari besarnya airdrop, hanya saja kalian harus pandai yang namanya “bahasa inggriis”.

Selain dari dua itu, menjadi moderator atau admin group telegram koin airdop juga mendapat bonus loh. Katanya sih, tapi entahlah.

#3. Penambangan (Mining)

Cara lain untuk mendapatkan koin gratis adalah dengan menambang. Hanya saja butuh peralatan untuk menambangnya yang sulit.

Menambang kripto itu bukan menggunakan peralatan berat seperti penambang emas. Penambang kripto itu menggunakan kinerja dari GPU (Graphic Processing Unit) dan CPU (Central Processing Unit).

Dalam kata lain kalian bisa nambang koin kripto mengunakan kinerja dari processor dari sebuah komputer atau menggunakan kinerja VGA.

Namun yang harus kalian ketahui bahwa mining ini tidak dilakukan hanya dalam satu sampai dua jam untuk mendapatkan koin, melainkan bisa seharian. Jadi aku tidak merekomendasikan perihal mining kepada kalian.

Selain membutuhkan koneksi intenet, daya listrik, juga bisa mengakibatkan turunnya kinerja komputer dan VGA. Namun jika internet dan daya listrik sudah gratis, bukan komputer sendiri, maka mining itu perlu kita lakukan, seperti aku ini hahahaha.

Mungkin mining bukan sesuatu yang gratis, namun ada juga kok mining yang gratis. Kita cukup daftar di website atau aplikasi penyedia koin mining gratis. Kita cukup claim koin harian dan mendapatkan untung dari referal yang kita dapat.

Biasanya proyek website koin mining seperti ini juga bagian dari pemasaran koin baru juga. Jadi sangat sayang untuk dilewatkan proyek seperti ini. Soalnya kita sudah pasti dapat koinnya dari pada ikutan airdrop dengan perbandingan 1000 winner : 100.000 peserta.

#4. Game Penghasil Kripto

Kalau kalian penasaran, kalian bisa search di google playstore kalian dengan keyword “game kripto”. Kalian akan menemukan banyak aplikasi yang menawarkan hal semacam itu. Namun kebanyakan dari aplikasi tersebut memberikan reward ke kita karena lihat video atau semacamnya. Itu sama saja dengan buruh klik iklan dong.

Game kripto yang aku maksud adalah benar-benar game yang menarik dan kita sukai. Selanjutnya ada poin-poin yang nantinya kita dapatkan dari petualangan game yang bisa kita tukarkan dengan hadiah kripto.

Sekarang ini lagi gencar-gencarnya game kripto yang menawarkan NFT (Non-Fungible Token) sebagai reward dari game. Token NFT ini berupa gambar atau logo unik yang sudah ada smart contraknya sebagai keunikan dari aset digital.

Selain itu ada game farming yang bisa ditradingkan. Jadi kita merawat sebuah perkebunan yang nantinya hasil dari kebun tersebut bisa diperdagangkan. Aku sih belum pernah nyoba, namun katanya butuh modal awal untuk mainin game tersebut.

Kalau aku lebih menyukai game dari CryptoSoul. Gamenya mudah dan tidak harus terbebani harus main setiap hari juga. Game cryptosoul itu gratis dan dalam permainannya kita akan mendapatkan koin LIS dari Realis.network.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca artikel dapatkan koin Lis gratis dari game ini

#5. Program Affilasi

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Kripto dan Token Kripto Secara Gratis
Source : unsplash.com
Kalian juga bisa dapatkan koin gratis dari program affilasi wallet seperti coinbase maupun blockchain wallet. Affilasi pada akun exchange koin juga ada, seperti di Indodax, Tokocrypto maupun di exchange lainnya.

Affilasinya juga bermacam-macam. Seperti di Coinbase, kita akan mendapatkan $10 USD jika referal kita melakukan top up atau transaksi sebesar $100. Di Indodax, kita akan mendapatkan beberapa % ketika referal kita melakukan trading koin di exchange.

Affilasi airdrop juga ada. Kita akan mendapatkan koin baru gratis untuk setiap peserta yang mendaftar menggunkan link join dari kita. Ada juga kontes affilasi airdrop juga, bahkan hadiah kontes untuk affilasi airdrop ini jauh lebih besar lagi loh.

#6. Stake dan Earn

Saran terakhir adalah stake and earn. Program stake and earn ini sudah banyak sekali dilakukan oleh banyak pengembang kripto. Yang jelas ini tidak gratis.

Bagi kalian yang memiliki modal lebih, kalian bisa coba program ini. Kalian cukup membeli koin dengan jumlah tertentu, lalu melakukan stake koin yang berarti menyimpan dalam waktu tertentu untuk mendapatkan reward tiap hari.

Besarnya reward juga tergantung kontrak di awal dan juga tergantung besarnya jumlah koin yang di stake. Pengalamanku stake koin senilai $20, aku mendapatkan $0.005 perhari. Lumayan sambil nunggu koin barunya rilis.

Yah begitulah. Cukup panjang artikelnya. Semoga kalian tidak capek saat membacanya.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar