orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Persiapan Membekali Anak Ketika Memasuki Pembelajaran Tatap Muka 2021

Persiapan Membekali Anak Ketika Memasuki Pembelajaran Tatap Muka 2021
Setelah hampir 4 sampai 5 bulan kita belajar, bekerja dan beribadah dari rumah, kini Pemerintah mulai melonggarkan pembatasan sosial dengan menerapkan gaya hidup New Normal. Aku sendiri sudah mulai bekerja kembali semenjak bulan November lalu.

Selain itu Pemerintah juga mengumumkan kebijakan tahun ajaran baru 2020-2021 boleh melakukan pembelajaran tatap muka dimulai Januari 2021 mendatang.

Senang sih melihat anak-anak bisa bersekolah lagi, setelah sekian lama belajar dari rumah. Apalagi anakku juga baru kelas 1 SD. Yang jelas anak sekecil itu sangat kesulitan kalau diberlakukan sekolah secara online terus-menerus.

Namun sedih juga melepas mereka berhubungan sosial dengan anak lain secara bebas di sekolah, mengingat pandemi Covid-19 ini belum juga usai. Meskipun sekolah harus memenuhi syarat standart new normal terlebih dahulu sebelum menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Adapun syaratnya seperti adanya persetujuan dari tiga pihak (Pemerintah daerah, Kepala sekolah dan orang tua), penuhi daftar periksa, terapkan protokol kesehatan dan dukungan dari semua orang.

Sedikit lega sih dengan peraturan seperti itu, namun kembali lagi ada rasa was-was juga, mengingat anak sekecil itu pasti hobi banget main. Apalagi di sekolah nanti teman sekelasnya juga berasal dari luar desa.

Tahu sendiri kan bagaimana perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia juga belum juga mereda hingga sekarang.

Seperti dilansir dari Halodoc.com, per September 2020 kasus Covid-19 di Indonesia tembus angka 257.388 dengan 9.997 jiwa dinyatakan meninggal. Kabar baiknya sebanyak 187.958 telah dinyatakan pulih dari Covid-19. Yah setidaknya ada banyak kasus yang bisa sembuh dari pandemi Covid-19 ini.

Aku sih sangat berharap Vaksin Covid segera diproduksi secara massal oleh Pemerintah. Apalagi pemerintah juga memastikan agar vaksinasi bisa dirasakan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Yah meskipun untuk diproduksi secara massal, vaksin juga membutuhkan waktu untuk uji klinis dalam beberapa fase hingga vaksin dinyatakan aman.

Meskipun sudah adanya vaksin, nantinya kita juga tidak boleh serta merta mengabaikan protokol kesehatan yang sudah biasa kita jalani loh yah? Terutama dalam membekali anak-anak dalam persiapan tahun ajaran tatap muka di tahun 2021 mendatang.

Kalau aku sendiri akan membekali anakku dengan :

#1. Tetap Menerapkan 3M

Persiapan Membekali Anak Ketika Memasuki Pembelajaran Tatap Muka 2021
Source : tribunnews.com
3M meliputi memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 3 hal inilah yang patut kita terapkan dalam fase hidup new normal.

Dalam ajaran pembelajaran new normal, syarat untuk bisa memasuki kelas juga menerapkan 3M bagi anak-anak. Sekolah juga sudah menyediakan prasarana untuk menjaga protokol kesehatan tetep dijalankan di pembelajaran new normal ini.

Nah yang harus digarisbawahi adalah kita sebagai orang tua harus memberi bimbingan kepada anak kita untuk mentaati 3M tersebut.

Minimal menerapkan memakai masker dimulai dari rumah. Kemudian mengantarkan anak ke sekolah dan mengingatkan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk kelas.

#2. Memberi Bekal Makanan Sendiri

Apa yang paling disukai anak-anak saat sekolah?

Kalau menurut pengalamanku dulu, waktu istirahat adalah hal yang paling menyenangkan. Aku biasanya menghabiskan uang jajan untuk membelikan makanan di kantin maupun orang jualan dekat sekolah.

Nah karena sedang pandemi seperti sekarang, ada baiknya kita menyiapkan bekal makanan sendiri agar anak agar tidak jajan sembarangan di sekolah. Selain untuk meminimalisir bersentuhan dengan orang lain, juga membawa bekal sendiri itu dijamin sehat.

#3. Menjemput Anak Sepulang Sekolah

Apa jadinya kalau pihak sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan di pembelajaran new normal, namun siswanya sendiri yang abai menerapkan jaga jarak sepulang sekolah.

Sistem pembelajaran tatap muka ini tidak akan berhasil jika hanya pihak sekolah saja yang menerapkannya. Melainkan harus ada campur tangan dari semua pihak agar sistem new normal ini berjalan dengan lancar.

Salah satu cara adalah dengan menjemput anak setelah bel pulang sekolah. Dengan menjemput anak sepulang sekolah diharapkan bisa mengantisipasi anak-anak tidak bermain dengan teman lainnya seusai sekolah.

#4. Membersihkan Diri Seusai Sekolah

Persiapan Membekali Anak Ketika Memasuki Pembelajaran Tatap Muka 2021
Menurut WHO, mencuci tangan menggunakan sabun/antiseptik selama 20-30 detik dapat menurunkan risiko penularan COVID-19 sebesar 35 persen.

Nah biar penyebaran Covid ini tidak terjadi di keluarga kita, mendisiplikan diri dalam mencuci tangan setelah keluar rumah adalah wajib. Begitupun dengan anak-anak sepulang sekolah, usahakan mereka cuci tangan dengan sabun dan ganti baju yang bersih.

#5. Kalau Perlu Konsumsi Vitamin

Memiliki imun tubuh yang kuat sangat ampuh dalam melawan virus corona. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap kuat. Antara lain : mengonsumsi makanan yang bergizi, sering berolaraga, hindari stress dan tidur yang cukup.

Kalau perlu, kita konsumsi suplemen antioksidan yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kita bisa beli di apotik terdekat, ataupun beli secara online di Halodoc.

Di Halodoc.com merupakan situs terkemuka soal kesehatan. Kita bisa konsultasi dengan dokter secara online, beli obat online, hingga daftar ke rumah sakit secara online. Terdapat pula artikel-artikel kesehatan yang menarik dan tentunya relevan buat kita.

Memang tidaklah mudah membekali anak untuk persiapan ajaran baru new normal, namun bukan hal mustahil jika kita berusaha. Tetap semangat melawan dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Dan jangan lupa, tetap bahagia.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar