orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

7 Hal Menarik Tentang Anime Black Clover Yang Harus Kamu Tahu

7 Hal Menarik Tentang Anime Black Clover Yang Harus Kamu Tahu
Source : blackclover.fandom.com
Ada hal yang paling tidak aku suka saat melihat anime adalah saat menunggu update-an terbarunya rilis. Udah nunggu satu hingga dua minggu, kemudian update-an terbarunya malah tambah bikin penasaran.

Aku lebih suka saat melihat anime secara maraton. Seperti saat aku nonton semua episode One Piece yang jumlahnya 950 episode dalam waktu 3 bulan. Enaknya tuh kita bisa lihat secara keseluruhan ceritanya tanpa harus nunggu jeda. Apalagi nontonnya cuma sepotong-sepotong.

Setelah menyelesaikan semua episode dan chapter manga One Piece, nunggu update manga terbaru itu bikin gabut. Akhirnya aku mencoba cari anime lain yang kira-kira cocok untuk ditonton selagi nunggu update-an episode maupun chapter manga One piece rilis.

Pilihanku jatuh pada anime Black Clover. Pernah lihat anime Black Clover belum?

Secara global, anime Black Clover ini mirip seperti anime Fairy Tails. Setidaknya anime Black Clover ini sama-sama menceritakan dunia yang dipenuhi sihir. Namun bedanya, semua sihir di anime Black Clover ini terpusat pada sebuah buku sihir atau disebut Grimoire.

Saat melihat episode pertamanya, aku mulai menyukai anime ini, terutama tokoh utamanya yang bernama Asta. Kebanyakan karakter utama memang seperti ini, selain bodoh, tidak mempunyai kemampuan (di awal) namun dia punya semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah.

Sampai artikel ini dipublish, Black Clover sendiri sudah tamat di season pertama dengan 170 episode. Aku sudah tonton semua episodenya sekaligus chapter komiknya juga. Menurutku sih, anime ini layak jadi rekomendasi anime yang menarik. Alasannya sebagai berikut :

#1. Ide Cerita Yang Menarik

grimoire black clover berdaun 4
Source : blackclover.fandom.com
Seperti judulnya, Black Clover yang artinya semanggi berwarna hitam. Clover sendiri merupakan salah satu nama kerajaan di mana plot awal cerita ini dimulai. Selain kerajaan clover, terdapat kerajaan heart, spade dan diamond. Nama-nama kerajaan ini mirip kartu remi yang biasa aku mainkan.

Dalam kerajaan clover, setiap pengguna sihir yang usianya mencapai 15 tahun akan berkesempatan mendapatkan Grimoire (buku sihir) dalam upacara penerimaan Grimoire. Grimoire ini berfungsi sebagai catatan sihir yang dapat meningkatkan kekuatan sihir penggunanya.

Setiap Grimoire memiliki lambang semanggi dan karakteristik sihir sendiri-sendiri. Misalnya kalau sihirnya api, maka buku sihirnya juga berwarna merah (bahkan bukunya menyala dengan api). Sedangkan kalau sihirnya air, buku sihirnya berwarna putih.

Dalam cerita, bentuk lambang semanggi di buku sihir juga ada maksudnya. Normalnya semanggi itu daun tiga. Tapi ada juga pengguna yang mendapatkan Grimoire dengan semanggi berdaun empat.

Dikatakan bahwa grimoire dengan semanggi berdaun empat itu membawa keberuntungan dan hanya diterima oleh penyihir yang benar-benar luar biasa.

Jika semanggi daun empat melambangkan keberuntungan, maka semanggi berdaun lima melambangkan keputusasaan. Dikatakan bahwa Grimoire semanggi daun lima merupakan buku sihir milik iblis.

#2. Kekuatan Tokoh Utamanya Yang Unik Dan Menarik

kekuatan asta black clover
Source : blackclover.fandom.com
Tentu saja tokoh utama dalam sebuah anime akan jadi sorotan awal dalam menentukan anime ini menarik diikuti atau tidak. Tidak hanya karakternya yang kocak seperti karakter Monkey D Luffy maupun Naruto, Asta juga punya karakter demikian.

Bedanya, jika Monkey D Luffy sudah punya kekuatan karet sejak episode awal, Naruto sudah punya Kyubi dalam tubuhnya sejak kecil, Sedangkan Asta hanya seorang yatim piatu yang tidak memiliki sihir sama sekali dalam tubuhnya.

Dia hanya seorang anak yang giat sekali melatih otot-ototnya, namun tidak memiliki sihir sama sekali dalam tubuhnya. Unik kan?

Jadi anime ini menceritakan tentang dunia sihir namun membuat karakter utamanya tidak bisa menggunakan sihir. Pecundang sejati namanya hahaha.

Disinilah keajaiban yang membuat si Asta ini memiliki Grimoire semanggi berdaun lima dengan kekuatan “anti sihir”. Intinya kekuatan Asta ini bisa menetralkan kekuatan sihir apapun yang menyerangnya.

Dengan kekuatan anti sihir ini, Asta berhasil menjadi ksatria sihir untuk melindungi teman dan kerajaannya.

#3. Menyoal Rivalitas Tokoh Utama

rivalitas asta dan yuno
Source : blackclover.fandom.com
Tokoh utama dalam anime tak akan lengkap jika tidak memiliki rivalitas abadi. Jika si pecundang Naruto punya rival sijenius Sasuke, maka Asta memiliki teman sekaligus rival, Yuno.

Yuno juga dibesarkan di panti asuhan yang sama dengan Asta. Jika Asta punya karakter yang berisik, maka Yuno punya karakter tenang dan belagu.

Kalian bisa lihat bagaimana belagunya dia saat berhadapan dengan Asta.Walaupun sebenarnya Yuno itu selalu menganggap Asta sebagai rival terkuatnya.

Yuno dibekali kecerdasan dan pengendalian sihir yang luar biasa, sehingga saat upacara penerimaan Grimoire, Yuno mendapatkan Grimoire semanggi berdaun empat.

Pun juga disaat ujian masuk ksatria sihir, Yuno direkrut oleh komandan William Vegeance dari kelompok fajar emas, yang mana kelompok ini dinilai memilki anggota yang terkuat. Sedangkan Asta direkrut Yami Sukehiro dari kelompok banteng hitam yang terkenal sebagai kelompok biang onar.

Keduanya berkembang dan bertambah kuat seiring misi yang didapatkan kelompoknya masing-masing dan terus bersaing menjadi anggota ksatria sihir yang terbaik.

#4. Bertarung Melawan Deskriminasi

Dalam anime Black Clover dekriminasi yang melibatkan status sosial kerap muncul dalam setiap alurnya. Seperti deskriminasi antara bangsawan dengan rakyat jelata, orang asing dengan orang dari kerajaan, serta ksatria sihir dengan warga biasa.

Asta dan Yuno hadir untuk menghapus diskriminasi tersebut. Mereka berdua berjuang bersama meskipun dia berasal dari daerah rakyat jelata. Banyak cacian dan hinaan kepada mereka, namun mereka memberikan hasil yang melebihi seorang bangsawan.

#5. Menyoal Cinta Yang Dipendam

hubungan percintaan di anime black clover
Source : blackclover.fandom.com
Kalau ngomongin anime, rasanya tidak lengkap kalau tidak membicarakan chemistri tiap karakternya. Yang paling aku suka adalah disaat satu karakter memendam perasaan suka yang amat dalam.

Seperti hubungan antara Erza dan Jellal di anime Fairy Tails yang selalu malu-malu mau. Pun juga perasaan setia Hinata kepada Naruto di serial anime Naruto.

Di anime Black Clover, meskipun Asta merupakan pria ceroboh dan bego, namun banyak karakter yang diam-diam menyukainya.

Sejatinya Asta itu selain orangnya baik dan penolong, dia juga seorang yang cerdas dalam pertarungan. Setidaknya ia selalu mempelajari teknik baru disetiap pertarungannya dan mendapatkan kemenangan.

Gadis yang diam-diam menyukai Asta antara lain : Noelle Silva, Mimosa Vermilion dan Rebecca Scarlet.

Yuno juga pasti banyak yang suka, secara karakter dia itu tampan, belagu dan memang sangat populer. Namun aku lebih menyukai saat Charmy (anggota bangteng hitam) yang terpesona dengan Yuno saat menyelamatkan makanannya Charmy.

Yang paling menarik adalah chemistri antara komandan Charlotte dengan komandan Yami. Yang satu egois dalam menahan rasa cintanya dan satunya kebodohan yang sangat egois dan tidak peka.

#6. Banyak Rahasia Yang Terkuak Setelah Ratusan Episode

Hal yang paling aku suka dari Anime adalah plot twist yang tidak terduga. Seperti masa lalu dari para anggota banteng hitam yang menurutku cukup mengesankan.

Misalnya tentang masa lalu Vanessa Enoteca. Siapa yang menyangka kalau Vanessa yang biasanya memakai bikini saat mabuk inia dalah anak dari ratu penyihir.

Begitupun Charmy Pappitson yang hobinya makan namun tetap langsing. Dilihat dari ukuran tubuhnya terlihat masih anak-anak, namun sebenarnya dia cukup dewasa dari kelihatannya.

Yang lebih mengagetkan adalah Charmy merupakan keturunan manusia setengah serigala atau sering disebut dengan ras Dwarf. Hal ini terlihat pada arc reinkarnasi Elf, Charmy melawan elf Riil dan men-summon domba yang berubah menjadi serigala kelaparan.

Hal yang lebih mengejutkan lagi ketika aku baca chapter komiknya, yang mana dikatakan bahwa Yuno itu sebenarnya merupakan anak dari Raja Spade terdahulu (sebelum dibunuh oleh Dark Triad). Dan tentunya akan banyak rahasia-rahasia lagi di chapter selanjutnya.

#7. Lagi-lagi Musuh Utamanya Adalah Iblis

iblis terkuat di anime black clover
Source : blackclover.fandom.com
Yang namanya dunia sihir tentu tak akan lengkap jika tidak ada “Iblis” dalam alur ceritanya. Seperti di anime Fairy Tails yang bertarung dengan Guild kegelapan dan para iblis juga.

Diakhir episode season pertama, Asta dkk bertempur melawan pengguna iblis untuk melindungi komandan Yami dan komandan William yang akan diculik.

Dan ternyata, Grimoire hitam punyanya Asta itu sebenarnya Grimoire milik iblis juga. Iblis dari kasta terendah yang tidak sengaja keluar dari dunia iblis. Iblis ini bernama Liebe dengan kemampuan anti sihir.

Mungkin kelanjutan cerita dari anime Black Clover ini akan berjuang mengalahkan para iblis.

Nah begitulah spoiler dariku tentang hal yang menarik dari anime Black Clover. Mungkin di artikel berikutnya akan aku ceritakan beberapa karakter dari Black Clover.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar