orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Mana Yang Lebih Bagus? Pilih Blogger atau Wordpress

Kamu Tim Mana? Pilih Blogger atau Wordpress
Source : niagahoster.co.id
Sudah kenalan dengan platform Blogger dan Wordpress belum?

Saat ingin membuat blog baru, pasti kita akan dibingungkan akan dua platform brand besar, Wordpress dan Blogger. Blogger dan Wordpress tentu memiliki kelebihan dan fitur unggulan sendiri-sendiri. Keduanya juga sama-sama memberikan platformnya secara gratis pada penggunanya.

Sebelum memilih, ada baiknya kita sudah membaca berbagai informasi tentang kedua platform ini. Serta menimang-nimang kembali baik dan buruknya sebuah platform demi kelancaran blog kita nantinya.

Belum lagi perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org yang sekilas sama, namun berbeda.

Dulu awal membuat blog, aku kesasar ke wordpress.org dan kebinggungan bagaimana membuat blog di sini. Setelah beberapa bulan, barulah aku sadar perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org.

Aku sendiri pengguna blog di wordpress.com dan blogger, terus terang aku menyukai keduanya karena alasan "gratis" hehehe. Sedangkan untuk memiliki blog di Wordpress.org kita harus bayar sewa hostingnya terlebih dahulu atau istilahnya self hosted.

Tentu ketiga platform ini memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Supaya bisa dipahami oleh pemula dalam memilih platform mana yang akan digunakan untuk blognya. Sekarang kita akan bahas keunggulan masing-masing platform dari berbagai segi.

#1. Segi Biaya Dan Populeritas

Platform Wordpress baik yang hosted (wordpress.com) maupun self hosted (wordpress.org) saat ini berada di peringkat pertama sebagai CMS yang paling populer dipakai oleh pengguna blog di dunia. Alasannya mungkin banyak kemudahan dan berbagai solusi yang diberikan oleh layanan wordpress.

Namun perlu diketahui bahwa kemudahan layanan tersebut sifatnya berbayar, jadi jika kalian ingin membuat blog atau website profesional, Wordpresslah solusi yang tepat untuk mengembangkan bisnis kalian.

Namun jika kita hanya ingin membuat blog untuk personal blog, mungkin dengan pilih plan gratisan di wordpress, kalian tak perlu membayar biaya sewa apapun.

Di platform Blogger juga ada gratisan kok! Hanya saja, nanti alamat blog kalian masih ikut dengan blogger dengan embel-embel blogspot di belakangnya sama seperti di wordpress plan gratisan. Istilah kerennya subdomain

Sedangkan blogger sendiri disukai karena kita bisa mengutak-atik CMS dan HTML tanpa membayar sekalipun. Berbeda di Wordpress.com, meskipun platform ini gratis, tapi ada batasan yang tidak bisa dilakukan seperti edit tamplate dan install plugin. Kecuali kita upgrade ke paket bisnis.

#2. Instalasi Pembuatan Blog

Kamu Tim Mana? Pilih Blogger atau Wordpress
Source : niagahoster.co.id
Untuk instalasi pembuatan blog, Wordpress.com dan blogger sangat mudah proses pembuatannya. Kita cukup mendaftar mengunakan email, kemudian mengikuti langkah selanjutnya seperti mengisi nama blog dan alamat blog seperti yang kita inginkan.

Namun sebagaimana layanan yang gratis, alamat blog kita akan terdapat embel-embel wordpress atau blogspot di belakangnya. Supaya blog kita jadi website.com tanpa ada embel-embel lagi, perlu biaya juga untuk beli domain dan mapping domain.

Sedangkan di wordpress.org butuh biaya awal sewa hosting dan domain per tahunnya. Untuk instalasinya tidak begitu ribet seperti yang kita bayangkan, seperti yang aku baca di Tutorial Hostinger Indonesia, yang menjelaskan tahap demi tahap proses pembuatan blog di wordpress.org sampai mempublish artikel pertama kalian di sana.

#3. Dari Segi Kemudahan

Dalam segi kemudahan, ketiganya sama-sama mudah dalam mempelajari dasar-dasarnya. Hanya saja bagi pemula, wordpress.com dan .org lebih mudah dikelola dan mempunyai tampilan dashboard yang terstruktur dengan baik.

Sedangkan di blogger sedikit membingungkan terutama editing menu navigasi yang harus edit HTMLnya secara manual. Bagi yang tidak paham html, wordpress lebih mudah mengunakannya, apalagi sekarang versi mobilepun sudah bisa.

#4. Dari Segi Tampilan

Kamu Tim Mana? Pilih Blogger atau Wordpress
Source : sintesa.net
Dari segi tampilan default, Wordpress.com dan .org jauh lebih menarik ketimbang blogger yang terlihat ketinggalan zaman. Namun blogger masih bisa diubah tampilannya sesuai selera jika kita paham HTML dan CSS.

Tapi tak perlu khawatir, banyak kok penjual tamplate murah untuk blogger yang memberikan tampilan yang sangat menarik. Seperti blogku ini, aku membeli tamplate premium dari igniel.com dan mendapatkan tampilan blog tak kalah dari tamplate wordpress.

Yang paling fleksibel tentu Wordpress.org. Ada banyak template gratis dan berbayar yang bisa kita gunakan kapanpun. Namun jika kita masih kurang sesuai dengan tampilannya, kita masih bisa merubah sendiri tampilannya sesuai selera dengan edit html nya atau beli tamplate premium yang lebih menarik dan SEO friendly.

Sedangkan wordpress.com yang paling tidak fleksibel, karena hanya ada sedikit pilihan tamplate dan kita sendiri tidak diperkenankan untuk merubah susunan htmlnya.

#5. Penghasilan Dari Iklan

Banyak orang yang ingin membuat blog dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari rutinitas bloging. Banyak cara yang bisa digunakan misalnya affilasi produk, jual produk, jual backlink dan conten placement, jual jasa lainnya maupun dari iklan.

Yang paling sering diminati adalah penghasilan dari pemasangan iklan google atau dikenal sebagai Google Adsense.

Wordpress.com tidak mengizinkan Google Adsense, tapi kita masih bisa mendapatkan penghasilan dari iklan WordAds (iklan milik wordpress) dengan syarat akun wordpress.com harus di upgrade ke paket bisnis.

Sedangkan untuk blogger, karena milik google sendiri baik blog custom domain maupun yang free (blogspot) tetap bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense.

Untuk Wordpress.org, kita bisa menggunakan layanan iklan manapun, baik Adsense, WordAds ataupun yang lainnya. Karena blog di Wordpress.org merupakan kepemilikan kita sendiri, sehingga kita bisa mengontrol secara penuh blog tersebut.

Dengan memahami dasar-dasar ketiga platform ini, kita bisa menentukan memilih platform mana yang cocok untuk blog kita nantinya.

Kita harus menyesuaikan biaya maupun perencanaan penggunaan blog ini untuk apa ke depannya.

Jika blog itu untuk berbisnis, maka sebaiknya mengunakan Wordpress.org. Karena kita bisa mengontrol secara penuh website tersebut, serta banyak fitur dan kemudahan lainnya yang sangat cocok untuk perkembangan bisnis kalian.

Namun jika hanya untuk blog personal blogger dan berharap mendapatkan penghasilan dari rutinitas blog. Mungkin blogger dengan mapping domain adalah salah satu solusinya. Selain biaya lebih murah, kita masih bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan cara ini.

Sedangkan untuk blog wordpress, kekurangannya mungkin perihal biaya operasional yang lebih besar. Baik untuk paket bisnis di wordpress.com maupun self hosted di wordpress.org, jatuh biaya sewanya paling minim 3 kali harga sewa mapping domain di blogger.

So, mau pilih mana antara Blogger dan Wordpress? Semua tergantung kalian. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memilih platform untuk blog baru kalian.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar