orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Pengalaman Streaming Video di Televisi Menggunakan Mirroring WiFi Display Receiver - AnyCast

Streaming Video di Televisi Menggunakan Mirroring WiFi Display Receiver - AnyCast
Menjadi kaum rebahan milineal itu sukanya rebahan sambil bermalas-malasan. Kalau tidak nonton TV yah mainin gadget. Mungkin seperti itu yang aku lakukan saat di rumah akhir-akhir ini. Maklum kerjaan lagi diliburkan dan aku juga memutuskan libur untuk tidak ngegojek hari itu.

Bukannya aku typikal orang yang suka bermalas-malasan loh yah, namun hanya pada saat ada waktu senggang di rumah. Waktu senggang setelah menyelesaikan tugas harian dan kebetulan aku sedang libur ngegojek juga karena malamnya harus berjaga semalaman saat ronda.

Jadinya kalau tidak nonton TV yah mainin smartphone deh. Tapi kalau sudah punya anak, ceritanya lain lagi.

Sudah mengerjakan tugas pagi hari, mau mencoba lihat TV, eh tiba-tiba anak langsung menyita remote TV. Akhirnya gak jadi deh lihat TV saat itu.

Pindahlah ke kamar dan mencoba mainin HP. Sudah cek notifikasi email, WhatsApp dan rekening Bank (kali aja ada transfer nyasar), kemudian beralih mainin game. Baru beberapa menit main game, anak yang satu lagi mulai mendekat dan disikat pula hpku itu.

Ya udah, kadang aku bingung mau mainin apa. Mau mainin istri, tapi istri juga sedang tidak ada di rumah. Akhirnya ikutan lihat film kartun Spongebob deh.

Sore harinya juga gitu, biasanya aku nemenin istri lihat drakor di TV. Lagi seru-serunya nonton, eh malah anak ngambil remote TV dan diganti ke chanel film Mermaid.

Kalau sudah gitu, istri yang pergi ke kamar dan streaming drakor menggunakan hpku. Mau ikutan nonton juga, rasanya tidak enak aja lihat film di smartphone, apalagi lihatnya dari samping (enggak kelihatan cuy).

Kadang aku berpikir, enak kali ikut TV berlangganan. Setidaknya banyak pilihan chanel sekaligus bisa lihat youtube di TV. Tau sendiri kan acara di TV sekarang kadang unfaedah banget. Selain sinetron yang membosankan, beritanya juga soal COVID-19.

Pernah juga kakak menawarkan kepadaku untuk ikutan Indihome, nanti bayar per-bulannya patungan. Namun aku pikir dua kali dengan mengkaji isi dompet yang jarang tebal. Apalagi dalam keadaan perusahaan lockdown seperti ini.

Akhirnya aku kepikiran “Mengapa aku tidak beli alat yang bisa mirrorin display smartphone ke Televisi aja?”.

Kemudian aku pelajari bahwa mirror display itu cukup fleksibel untuk ukuran kantongku. Selain bisa nonton drakor streaming dan youtube, setidaknya besarnya kuota internet yang terpakai tidak sebesar pengeluaran perbulannya Indihome.

Untuk nonton Youtube pun, anak-anak jadi tidak rebutan pakai hpku. Soalnya terkadang kalau anak aku pinjam HP untuk youtube, teman-temanya juga ikutan nonton. Kasihan aja lihatnya berdesak-desakan gitu.

Dengan begitu, mulailah aku searching alat mirror display tersebut. Bertemulah dengan merk “AnyCast WiFi HDMI Dongle”.

Sebenarnya Google sendiri sudah meluncurkan alat seperti itu yang bernama ChromeCast. Dengan melihat harganya, aku langsung mundur untuk membelinya. Aku sadar song dompeku sudah tidak tebal seperti dulu.

Sedangkan untuk harga dari AnyCast sendiri harganya cukup terjangkau. Di marketplace sendiri harganya antara 90.000 hingga 125.000. Sebelum aku beli, aku tanya-tanya dulu ke salah satu teman sekolah aku yang jualan elektronik. Ternyata harganya tidak jauh beda dengan di marketplace.

Dia menjual ke pelanggan lain seharga 120.000, namun aku diberi harga spesial sebesar 100.000 sebagai harga sebuah pertemanan, wkwkwkwk.

Streaming Video di Televisi Menggunakan Mirroring WiFi Display Receiver - AnyCast
Untuk cara pakainya cukup mudah kok, kita tinggal colokan USB yang ukuran kecil (seperti usb ke smartphone) ke Dongle AnyCast, kemudian colokan USB besar ke Televisi. Jangan lupa colokin juga HDMI yang ada di Dongle ke port HDMI di televisi juga.

Setelah semua selesai, hidupkan Televisi dan ganti dari TV ke HDMI. Disitu kita bisa lihat perintah di display Televisi yang mana kita harus install aplikasi “Mirracast – WiFi” Display di Smartphone terlebih dahulu.

Buka aplikasi Miracast dan pilih "Connect". Dalam hal ini, kita diminta untuk menghidupkan WiFi di Smartphone. Karena koneksi tujuan dari mirror display ini adalah menghubungkan Smartphone melalui WiFi ke Dongle AnyCast.

Jika sudah muncul ID Donglenya, klik ID tersebut agar bisa terhubung.

Dan Tadaaaaaa….
Streaming Video di Televisi Menggunakan Mirroring WiFi Display Receiver - AnyCast
Di Televisi akan muncul layar seperti tampilan di layar Smartphone kita. Dengan begitu Mirror Display succes..

Untuk suaranya bagaimana?

Seperti peralatan WiFi atau Bluetooth pada umumnya, suara pada Smartphone akan berbunyi di perangkat nirkabel tersebut. Misalnya kita memainkan musik Spotify di Smartphone, kemudian kita konekkan ke perangkat audio nirkabel, maka suara music itu akan berbunyi di audio nirkabel tersebut.

Begitupun dengan HDMI Display ini, yang mana suara audio di Smartphone akan berbunyi di Televisi jika sudah connect. Jadi untuk membesarkan volume, kita cukup mengeraskan di Televisinya. Namun tentu pengaturan volume di Smartphone juga akan menentukan suara yang dihasilkan pula.

Saran saja bagi yang menggunakan mirroring ini untuk lihat video dari smartphone. Lebih baik gunakan aplikasi VLC untuk nonton videonya. Sejauh pengalamanku saat pakai ini, menggunakan aplikasi VLC tidak sering terputus koneksinya.

Kekurangan dari HDMI display ini hanyalah pada lambatya tampilan. Bedanya hanyalah satu sampai tiga detik dari tampilan yang ada di layar Smartphone. Jadi, HDMI Display ini sangat tidak direkomendasikan untuk game yah, kecuali mirrornya hanya untuk tutor atau display untuk orang lain.

Yah begitulah pengalamanku menggunakan HDMI Display Receiver. Cukup menyenangkan terutama bagi pengguna video streaming di Smartphone. Setidaknya kita bisa berbagi display layar Smartphone ke Televisi dan menontonnya berduaan dengan sang pemilik hati.

Kalau kalian? pernah menggunakan HDMI Display Receiver seperti ini tidak?

#Menuju Bahagia Dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar