orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini
Kebanyakan seorang blogger itu menulis karena hobi, selain itu menulis di blog juga tempat pelarian dari rutinitas sehari-hari juga tempat bersosialisasi yang menarik dan kekinian. 

Memang jadi blogger itu tidaklah mudah, terutama bagi yang hanya ikut-ikutan kekinian saja ataupun tergiur dari penghasilan blogger yang sudah lama.

Banyak yang mengatakan bahwa blog itu tempatnya senang-senang, tak perlulah menjadi beban untuk mengisinya. Namun dari yang aku telaah lebih dalam, banyak blogger yang berpikiran seperti itu dan tidak konsisten menulis akan gugur ditengah jalan.

Ada juga blogger yang ngebut menulis 5-10 artikel tiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Memang secara statistik akan maksimal, namun apakah akan tetap bisa konsisten dalam beberapa tahun ke depan?

Apalagi jika menulis di blog hanya karena ingin sebuah penghasilan yang besar? Tidak semudah itu kawan! 

Kalau ingin mendapat penghasilan yang besar, jangan nulis, tapi berusaha dengan menjual produk atau bekerja pada instansi yang mau membayar mahal, tentu sesuai kemampuan juga.

Blog yang berpenghasilan besar itu tak segampang “mengoreng ayam” untuk membangunnya. Mereka juga mulai dari awal, dan tentu usahanya juga tak se-instan mie sedap rasa bawang. Semua itu butuh proses belajar, butuh biaya dan butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit jumlahnya.

Jika kita tidak memiliki modal yang besar, tidak mempunyai kemampuan yang baik dalam dunia blogger, janganlah berharap terlalu besar. Cukuplah kita menulis sebagai penyalur hobi yang terpendam dan syukur-syukur meraup sedikit penghasilan dari hobi yang kita lakukan.

Namun ada cara lain untuk mendapat penghasilan dari hobi kita menulis?

Pernah aku buat artikel tentang menjadi penulis di penyedia freelancer Indonesia. Memang dari penyedia itu kita bisa mendapatkan hasil dari tulisan-tulisan yang kita buat. Namun harga yang ditawarkan oleh penyedia di sana begitu murah dan tidak manusiawi.

Anggap saja ada penawaran sebesar fee Rp.200.000 untuk 20 artikel sepanjang 400-500 kata. itu sama artinya per tulisan dihargai Rp.10.000, alias Rp.20-25 per kata. murah banget kan. Bandingkan dengan penyedia freelancer di luar sana yang bisa membayar $50 sampai $100 untuk satu tulisan dari 1000 kata hingga 1500 kata.

Kalau aku sendiri tidak akan menerima penawaran seperti itu, selain mintanya macem-macem seperti artikelnya harus unik, harus lolos copyscape dan dengan deadline sehari harus 1-2 artikel. Merupakan penghinaan bagiku kalau hanya dihargai seperti itu.

Namun tidak semua website penyedia artikel di Indonesia tidak menghargai penulisnya. Jika kalian hobi nulis dan ingin menjadikan artikel yang kalian tulis mendapat penghasilan yang pantas. Berikut 4 website yang membayar penulisnya dengan harga yang manusiawi.

#1. Mojok.co

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini
Mojok.co adalah salah satu media yang mewadahi tulisan para penulis yang mempunyai energi dan kreativitas berlebih dalam penulisan.

Sebagai media alternatif, kalian bisa mengirimkan konten yang segar dan menghibur dan dilarang keras mengirim konten yang mangandung satir dan sindiran secara halus pada pihak tertentu.

Mojok menerima banyak tulisan, mulai esai, curhatan, bahkan cerita-cerita mop. Mereka sangat menghargai karya-karya penulis dengan membayar untuk setiap karya yang berhasil diterbitkan. Bayarannya mulai Rp 350.000 hingga lebih untuk satu tulisan.

Dan enaknya, setelah karya kalian diterbitkan di Mojok.co kalian tetap bisa mempublishnya di blog kok! Namun dengan syarat mencantumkan bahwa tulsian ini pernah di publish di Mojok.

Untuk mengetahui persyaratan tulisan yang diterbitkan, bisa dipelajari di sini https://mojok.co/kontribusi/

#2. Basabasi.co

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini
Basabasi.co merupakan media yang menampung beragam tulisan yang cukup beragam. Basabasi yang dikelola oleh pihak DIVA PRESS dan #KampusFiksi ini mengusung impian yang muluk, dikenal luas, diperbincangkan, disegani dan dicatat dalam kitab-kitab literasi Indonesia.

Tema tulisan yang diterima sangat beragam seperti cerpen, puisi, esai, resensi buku dan hibernasi atau artikel ringan. Setiap tulisan dihargai Rp200.000- Rp300.000 tergantung jenis tulisan yang dikirim.

Naskah atau tulisan yang dikirim tidak dibatasi, namun tetap ada kurasi khusus dan akan diterbitkan jika lolos kurasi. Yang menariknya lagi, setiap penulis yang pertama kali tulisannya tayang akan diberi kaos dari Basabasi.

Untuk syarat penulisan bisa baca disini http://basabasi.co/ngirim-tulisanmu/

#3. Buruan.co

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini
Sama halnya Mojok.co, Buruan.co juga menyajikan tulisan yang kreatif dan menarik. Kategori rubrik yang tersedia di buruan.co antara lain : Buruan, Buku, Jeda dan Apresiasi.

Hanya saja bagi penulis yang berminat mengirimkan tulisannya di sana, hanya tulisan untuk rubrik Buruan saja yang akan diberikan bayaran.
Rubrik BURUAN menyajikan puisi dan cerpen dalam bahasa Indonesia serta puisi dan cerpen dalam bahasa Sunda.
Kesempatan besar bagi kamu yang suka menulis cerpen dan puisi untuk mendapatkan penghasilan tambahan di situs buruan.co ini.

Untuk syaratnya sendiri adalah panjang cerpen antara 3500-5000 karakter tanpa spasi. Sedangkan untuk puisi harus kirim sebanyak 7-10 judul agar mendapatkan bayaran.

Untuk bayarannya bisa berupa uang Rp. 200.000 yang akan ditransfer selambat-lambatnya dua minggu setelah karya terbit.

Untuk lebih detailnya, kalian bisa baca syarat dan ketentuannya di https://www.buruan.co/kirim-tulisan/

4. Mongabay.co.id

Menulis Artikel Dibayar Mahal? Kirim Tulisanmu ke 4 Website ini
Mongabay.co.id merupakan situs berita yang membahas tentang hal-hal terkait lingkungan di Indonesia. Mongabay ini tidak hanya situs berita lokal saja, ada beberapa versi mongabay untuk negara lain yang bisa kita baca.

Bagi kalian yang suka menulis tentang alam atau pernah belajar penulisan seperti reporter, kalian bisa banget daftar menjadi kontributor di Mongabay.co.id. Berdasarkan jenis konstribusinya, mongabay membedakan menjadi dua, Konstributor resmi dan Kontributor lepas.

Kontributor resmi itu merupakan penulis yang sudah diakui dan memenuhi syarat, serta akan diperlengkapi kartu pers seperti wartawan pada umumnya. Nantinya senior editor yang menugaskan kepada kontributor resmi untuk menindaklanjuti informasi berita.

Sedangkan untuk kontributor lepas merupakan kontributor atau penulis lepas yang memiliki keinginan menulis di situs mongabay.co.id. Nantinya setiap tulisan yang publish akan disertakan nama penulisnya. Tidak hanya itu, penulis juga kan diberi honor untuk hasil karyanya.

Honor yang diberikan Mongabay.co.id sebesar Rp 750 per kata untuk tulisan yang sudah dimuat. Serta uang jasa Rp 50.000 – 100.000 untuk harga per foto yang sudah dimuat.

Biar lebih jelas, kalian bisa kunjungi sendiri persyaratan dan ketentuan kontributor Mongabay di https://www.mongabay.co.id/halaman-kontribusi/.


Nah bagaimana? Tertarik mengirimkan tulisan kalian ke 4 website tersebut. Atau mau mengirimkan tulisan ke blogku, bisa banget! Hadiahnya berupa ucapan terima kasih dariku hahaha 😂😂

#Menuju Bahagia dan Melampauinya
Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar