orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

Mencoba Tantangan Baru Dengan Jadi Freelancer Conten Writer

Mencoba Tantangan Baru Dengan Jadi Freelancer Conten Writer
Source : unsplash.com
Apa yang terbayang di pikiran kalian tentang kata Freelancer?

Menurut wikipedia, Freelance bisa diartikan sebagai pekerja lepas yang memiliki fleksibelitas untuk mengatur waktu antara mengerjakan sebuah job dan waktu untuk santai. Tidak terikat pekerjaan dengan rutinitas harian dan kontrak kerja dalam jangka waktu yang lama. Freelance bisa juga dinamakan dengan pekerja paruh waktu.

Sebenarnya aku pribadi sudah lama mengetahui dari baca-baca artikel di internet tentang freelancer ini. Namun baru beberapa bulan ini aku mencoba untuk jadi seorang freelancer secara online.

Kenapa sekarang? Butuh uang kah?

Yah, aku salah satu manusia yang memang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dan bagiku adalah hal wajar jika kita bekerja itu memang tujuannya mencari rizki yang halal. Coba aku tanya, adakah orang yang bekerja bukan cari uang tapi untuk cari pasangan? Hahaha

Sejak lama aku cukup berminat sekali bisa menghasilkan uang dari hobi yang aku geluti. Aku suka bekerja dengan menggunakan komputer, aku juga suka mengakses internet. Dan aku bersyukur sekali selama ini aku bekerja dengan bidang yang aku sukai.

Seringnya menggunakan komputer dan internet, membuatku memutuskan untuk jadi seorang blogger. Awalnya sih hanya ingin share sesuatu yang bermanfaat, namun seiring berjalannya waktu, aku tergiur oleh iming-iming penghasilan seorang teman dari blog itu sendiri.

Memang tidak mudah untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Butuh waktu yang lama dan pengorbanan yang cukup besar saat memulainya. Namun bukan berarti tidak mungkin, siapapun bisa mengapainya asal ada niat yang kuat dan konsisten saat menjalaninya.

Salah satu cara tercepat agar mendapatkan penghasilan dari blog adalah menjadi seorang freelancer. Maksudnya kita menjadi worker atau pekerja paruh waktu dengan mengunakan basic kita sebagai seorang blogger. Maka pekerjaan yang cocok bagi kita adalah penulis artikel (Conten Writer).

Penyedia Freelancer di Indonesia

Sebenarnya ada banyak web marketplace yang mempertemukan pemberi job dengan pekerja secara online di dunia. Tapi kali ini aku hanya membahas marketplace penyedia jasa freelancer di Indonesia saja.

Alasannya karena lebih mudah transaksinya juga lebih mudah dipahami oleh orang indonesia. Ada dua marketplace yang aku rekomendasikan, Sribulancer dan Project.co.id.

Mencoba Tantangan Baru Dengan Jadi Freelancer Conten Writer
Tampilan beranda situs projects.co.id

Mencoba Tantangan Baru Dengan Jadi Freelancer Conten Writer
Tampilan beranda situs sribulancer.com
Kedua web tersebut memiliki portal yang user-friendly, bahasanya yang digunakan juga sangat mudah dimengerti. Navigasi yang lengkap guna mempermudah mencari pekerjaan yang ditawarkan. Dan yang paling penting adalah kenyamanan dalam bertransaksi. Jadi sangat aman dari penipuan.

Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan di marketplace ini. Dari web design, illustrasi gambar, pembuatan logo, entri data, dan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas blog dan website.

Aku tertarik menjadi freelancer juga karena aktivitas ini masih berhubungan dengan aktivitas blogger juga. Aku berharap dengan menjadi seorang freelancer, wawasanku tentang penulisan artikel juga bisa meningkat.

Ini bisa jadi sebuah tantangan baru bagiku. Aku menyadari untuk mendapatkan job dari marketplace ini memang tidak mudah. Selain masih baru dan pemula, pasti kita akan diremehkan saat awal-awal seperti ini. Dan di situlah tantangan yang harus aku coba.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya  

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar