orj8T0WsT2zMsRVKHuJzQudWBEVAEUHrIOfkryw1

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Akhir-akhir ini aku mulai sering berbelanja online. Mungkin ini pertanda bahwa aku mulai masuk dalam kategori anak zaman melenial yang ogah keliling pasar atau sekedar nawar produk lokal di pasar tradisional.

Sejujurnya aku adalah orang desa yang tidak bisa tawar menawar dalam membeli suatu barang di pasar. Karena alasan tersebut, aku lebih memilih membeli di sebuah toko yang harganya tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Seiring waktu, aku mulai lebih suka membeli barang secara online dari pada beli di toko offline. Alasannya sih selain mudahnya memilih barang karena banyak pilihan, berbelanja online juga bisa dilakukan di mana saja, bahkan sambil kerja sekalipun.

Seperti saat ulang tahun Lazada kemarin. Aku scroll barang yang sedang ada promo sambil kerja. Ada beberapa barang yang menarik dengan promo yang menggiurkan, namun bukan berarti aku harus beli.

Berbelanja online itu terkadang menjadi candu, yang bikin terus-terusan belanja apalagi sedang promo besar-besaran. Namun taukah kalian bahwa terkadang promo itu bohongan.

Ini semacam menaikkan harga asalnya, kemudian memberi potongan hingga 30%. Hasilnya, sebenarnya promonya cuma potongan 5000 doang dari harga aslinya.

Tapi itu bukan masalah, sebab semua itu adalah strategi penjual agar barangnya laku. Tinggal kitanya sebagai pembeli harus pandai-pandai memilih barang, terlebih barang yang memang kita butuhkan, bukan karena adanya diskonan.

Pernah ketipu?

Sering... eh bukan, maksudnya “pernah” bukan “sering”. Soalnya aku juga jarang berbelanja online kalau memang tidak lagi butuh.

Ketipunya bukan barang tidak sampai, melainkan kondisi barang tidak sesuai dengan persepsi awal kita saat membeli barang tersebut. Yah berbelanja online itu memang penuh kejutan

Maka biar tidak tertipu lagi, sebelum berbelanja online, kamu harus simak tips-tips cerdas berbelanja online versiku. Tipsnya sebagai berikut :

#1. Pahami Kondisi Keuangan Kalian Sendiri

Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : unsplash.com
Kalian boleh membeli apa saja yang kalian inginkan. Namun sebelum membeli semua itu, cek terlebih dahulu kondisi keuangan kalian. Jangan sampai karena saking inginnya membeli barang tersebut, namun mengkorbankan dana untuk kebutuhan primer kalian.

Usahakan dana untuk berbelanja online memang sudah disiapkan jauh-jauh hari yah. Seperti aku, yang selalu menyiapkan dana khusus untuk berbelanja di hari khusus juga. Seperti ulang tahun marketplace, atau harbolnas dengan berbagai macam promo dan diskon.

#2. Pilih Tempat Belanja Online Terpercaya dan Aman

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : unsplah.com
Saat ini semua orang bisa jadi pelapak, tanpa harus mempunyai toko resmi atau ijin usaha dari daerah setempat. Semua orang bisa membuka toko melalui internet, entah itu jualan di facebook, instagram ataupun membuat sebuah situs online shop sendiri.

Jadi, sebelum kalian menentukan untuk membeli barang, pastikan dulu online shopnya atau pelapaknya memang terpercaya atau tidak. Untuk mengetahui online shop ini terpercaya atau tidak, bisa dilihat dari testimoninya atau mungkin pelapak itu sudah direkomendasikan oleh teman kalian.

Kalau aku pribadi lebih menyukai berbelanja online di sebuah marketlace ternama. Selain memang banyak pilihan, juga keamanan dalam pembayaran juga salah satu faktor penting saat memutuskan untuk berbelanja online di sana.

Marketplace yang paling aku rekomendasikan adalah berbelanja online di Lazada. Entahlah, sejak pertama kali berbelanja online di sini, aku sangat puas. Baik dalam pelayanannya, mudahnya dalam mencari barang, juga ongkirnya lumayan murah menurutku.

Selain itu, aku juga sering berbelanja online di Bukalapak. Bukalapak jadi marketplace pilihan kedua ku. Alasannya aku mengunakan e-wallet “Dana” sebagai metode pembayarannya agar nantinya aku dapat cashback berupa voucer menarik di Dana.

Ada lagi, shopee dan Blibli. Sejauh ini, aku berbelanja online di blibli atau shopee kalau ada voucer sebesar 150.000 dulu, baru aku berbelanja di sana, hehehe. Justru Tokopedia yang belum pernah aku coba belanja di sana.

#3. Jangan Buru-buru Dalam Memesan, Pastikan Kualitas Produknya Bagus

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : pixabay.com
Jangan terpancing dengan harga murah, kalau ujung-ujungnya kita bakal kecewa dengan barangnya. Lebih baik bayar mahal namun kualitasnya lebih menjamin dan tidak bikin kecewa. Tapi, jauh lebih baik lagi kalau harga murah namun kualitasnya juga bagus, ya iya lah...

Namun yang harus kalian tahu, meskipun harganya mahal, belum tentu barangnya bagus juga loh. Dalam berbelanja online, kita harus pintar-pintarnya dalam memilih, terutama perihal barang dan juga pelapaknya.

Ada yang sebenarnya produknya bagus, namun karena packingnya tidak bagus, akhirnya barangnya jadi cacat bahkan sampai rusak.

Nah untuk mengetahui hal tersebut, sebelum membayar kalian pastikan kualitas produk secara seksama. Mungkin awalnya dari deskripsi produk, karena gambar display itu lebih sering menipu.

Kemudian cek juga ulasan-ulasan para pembeli, sebab ulasan pembeli tidak bisa membohongi. Bandingkan berapa banyak pembeli yang kecewa dan berapa banyak pembeli yang merasa puas.

Pastikan juga bad coment pembeli tersebut mengarah pada kualitas produk, bukan perihal keterlambatan kurir. Karena di luar sana, banyak pembeli yang alay dengan memberi komentar dan rating buruk, padahal alasannya cuma karena waktu antarnya telat 1 hari doang dari perkiraan awal.

Mirip pengalamanku sebagai kurir yang kena rating buruk hanya karena telat antar makanan. Padahal semua keterlambatan itu banyak faktornya, dan para pembeli yang ngakunya “raja”, dengan gampang marah-marah tanpa mau tau alasannya. #IniJahat #SaveKurir

#4. Jangan Lupa Teliti Juga Perihal Ukuran Produk

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : unsplash.com
Hal ini berlaku ketika hendak membeli baju atau sandal dan sepatu. Jangan hanya membeli baju atau sepatu hanya kerana terlihat “lucu” dan “imut”. Lucu dan imut kan karena model dalam display memang cantik, nah situ sendiri cantik tidak? Hahaha

Pastikan juga ukuran kalian itu ada dalam produk tersebut. semisal hendak membeli baju, pastikan ukuran yang tertera sesuai dengan ukuran lingkar dada, pinggul dan pinggang kalian. Kalau cowok sih mudah, tinggal cari ukuran yang pas seperti ukuran M,L atau XL. Tidak seribet standart ukuran cewek.

Kalau beli sepatu, jangan lupa cantumkan ukuran nomer sepatu yang pas buat kalian. Perhatikan juga apakah ukuran yang tercantum memakai standart ukuran Amerika, Eropa atau Ingris. Karena dari yang aku tau, standart ukuran tersebut berbeda.

#5. Cari Cara Agar Dapat Diskon, Kalau Perlu Cari Tempat Belanja Online Dengan Gratis Ongkir

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : pixabay.com
Strategi toko online agar penjualannya meningkat adalah dengan memberikan diskon untuk produknya. Namun sebagai pembeli yang bijak, kalian harus tahu diskon macam apa yang ditawarkan penjual.

Diskon itu bermacam-macam, ada diskon liburan dan event seperti harbolnas dan hari ultah. Ada juga promo diskon paket, yang mana diskon ini berlaku jika membeli produk sepaket. Dan ada juga diskon volume, yang mana kita akan mendapat diskon dengan minimal pembelian tertentu. Diskon promo free ongkir juga terdapat syarat dan ketentuannya.

Yang paling banyak adalah diskon volume dan diskon free ongkir. Untuk mendapatkannya, kalian harus membeli produk dengan harga minimal. sedangkan produk yang ingin kalian beli berada di bawah syarat batas minimal pembelian.

Kalau beli dua atau beli produk lainnya di pelapak yang sama, tentu akan merugikan kita, karena sejatinya barang tersebut memang tidak terlalu kita butuhkan.

Cara yang paling mudah adalah mengajak teman dekat atau keluarga untuk ikut membeli barang yang kita butuhkan. Dengan begitu, kalian akan mendapat gratis ongkir sekalian dengan promo diskon volume karena mencapai batas minimal pembelian.

Cara seperti ini yang paling sering aku pakai. Jadi disaat aku ingin beli produk, aku tawarkan kepada beberapa temanku untuk ikut-ikutan beli. Yah setidaknya cara seperti ini selalu berhasil dan membuatku bisa berbelanja online dengan gratis ongkir, hahahaha.

#6. Biar Lebih Aman, Gunakan Metode Pembayaran Yang Paling Mudah

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : unsplash.com
Aku tuh orangnya jarang menyimpan uang di rekening bank, karena setiap gajian, uang direkening akan dikuras habis oleh istri. Jarang sekali aku tranfer-tranfer untuk berbelanja online melalui rekening, aku lebih suka metode yang paling mudah dan cepat.

Seperti yang pernah aku bahas tentang beberapa tabungan yang aku miliki di era milenial, aku lebih menyukai menyimpan uang di teknologi fintech semacam Gopay, Dana dan OVO.

Bagiku, metode pembayaran mengunakan fintech itu jauh lebih praktis dan cepat. Lagi pula pembayaran seperti ini menjadikan belanja online lebih aman dan nyaman

Selain itu, aku juga lebih memilih metode pembayaran dengan menggunakan pihak ketiga, semacam indomaret, alfagroup, pegadaian ataupun kantor pos.

Yang paling sering, aku berbelanja online bayar di indomaret, selain mudah dan praktis, kasir indomaret juga makin cute and shiny #eh wkwkwkwk

#7. Karena Belanja Online Itu Tidak Pasti, Carilah Marketplace Yang Ada Layanan Return Produk

7 Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong
Source : pixabay.com
Terkadang belanja online itu semacam memilih barang dalam karung. Barang yang datang tidak selalu sesuai dengan gambar dan persepsi kita di awal membeli. Namun beda lagi jika barang yang kita beli itu rusak, terutama barang-barang elektronik.

Kerusakan produk ini sendiri juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Entah dari pelapaknya yang sengaja kirim barang jelek, atau dari buruknya packing atau karena kurirnya yang mengirim tidak sesuai standart hingga barang pesanan jadi rusak.

Jika seperti itu, tentu pembeli yang akan dirugikan. Untuk mengatasi hal seperti itu, carilah marketplace atau online shop yang memberi layanan return produk. Jadi sewaktu-waktu jika kita terima barang yang rusak, kita masih bisa return barang tersebut.

Oleh karena itu, selalu screenshot order serta bukti pembayaran agar bisa claim return nantinya.

Nah itulah beberapa tips belanja online yang nyaman, aman dan tak menguras kantong versiku. Yang paling penting adalah memahami kondisi keuangan pribadi. Percuma punya handphone baru yang keren kalau bikin makan satu kali tiap hari selama sebulan gara-gara uang untuk makan terpakai. Setuju tidak?

Bijaklah dalam berbelanja online

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

Related Posts
Ainur
Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Related Posts

Posting Komentar